Sponsors Link

Contoh Surat Cuti Melahirkan

Didalam dunia kerja, Cuti adalah hal yang lumrah bagi para karyawan. Baik itu cuti hari raya, cuti panjang ataupun cuti karena sakit parah. Disini saya akan memberikan contoh surat bagaimana kita meminta izin cuti kepada perusahaan. Dalam surat cuti melahirkan ini saya memberikan dua format yaitu contoh surat cuti melahirkan untuk pegawai dan juga contoh surat melahirkan untuk guru. Bagaimana isi dan keterangannya hampir sama dengan kebanyakan surat izin pada umumnya.

Apa saja bagian surat cuti melahirkan ?

Setiap surat pastinya memiliki bagian bagian yang wajib di miliki agar atasan yang menerimanya dapat memberikan respon yang baik. Berikut adalah bagian bagian yang wajib di muat.

  1. Nama lengkap dan posisi. Jika anda seorang karyawan maka tulis detil jabatan anda serta jobs desc yang anda kerjakan selama di kantor.
  2. Tanggal cuti. Jelaskan mengenai kapan tanggal anda akan mengambil cuti.
  3. Kontak darurat. Jika anda cuti dalam waktu lama, sebaiknya anda juga menyertakan kontak darurat jika suatu saat teman anda membutuhkan anda.
  4. Alasan cuti. Pastikan anda memuat alasan yang benar untuk pengajuan cuti yang anda lakukan.

Nah jika anda telah menyiapkan data ini, selanjutnya anda dapat melihat contoh surat cuti yang dapat anda gunakan untuk keperluan tersebut.

sponsored links

Contoh 1. Surat Cuti Melahirkan Untuk Pegawai

Contoh Surat Cuti Melahirkan untuk pegawai

Jepara, 28 Desember 2010
Kepada Pimpinan PT. Luwak Liar
Di Blangkon no.44
Jawa Tengah

Perihal : Surat Permohonan Cuti Melahirkan

Yang terhormat kepada pemimpin PT. Luwak Liar, sebelumnya saya ingin meminta permohonan cuti melahirkan. Saya selaku penandatangan :

Nama         : Jengkelin, S.Os
NIP            : 050902212
Jabatan      : Sekertaris Desa
Golongan    : Empat

Dengan ini sekiranya saya diberikan cuti untuk persalinan kelahiran anak saya yang pertama pada tanggal :

1 Januari sampai dengan 1 maret 2011

Lama cuti melahirkan selama 3 bulan sesuai peraturan berdasarkan pasal 82 ayat (1) dan pasal 84 undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, bahwa pekerja karyawati berhak memperoleh istirahat atau cuti hamil selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 tahun sesudah melahirkan. dengan ketentuan-ketentuan yang telah dibuat yaitu :

1. Sebelum diberikan cuti bersalin, saya bersedia memberikan kembali pekerjaan yang ditugaskan sebelumnya kepada atasan.
2. Selama cuti persalinan, yang saya bersedia tidak meninggalkan kota Jepara.
3. Setelah selesai cuti, saya bersedia dan akan melapor pada atasan dan bekerja seperti biasanya.

Dengan ini surat cuti melahirkan saya buat untuk mendapatkan keringanan pekerjaan.Semoga dapat terwujud apa yang saya mohon dan harapkan. Atas segalanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Jengkelin, S.Os
050902212

 

download format words


Contoh 2. Surat Cuti Melahirkan Untuk Guru

Contoh Surat Cuti Melahirkan Untuk Guru

Koleka, 1 Mei 2010

Perihal : Surat Permohonan izin cuti melahirkan

Kepada Yang terhormat
Bpk. Hasanudin Selaku Kepala Sekolah
di SDN 02 Merauke

Sehubung dengan kehamilan saya yang semakin membesar dan saya sudah tidak kuat lagi mengajar, maka
Saya yang bertandatangan dibawah ini :
Nama   : Nurkarimah, Spd.
NIP      : 0192929211
Mengajar di kelas 2 sebagai walikelas 2A

Dengan surat ini menginformasikan juga sebagai permohonan izin melahirkan. Sekiranya bapak kepala sekolah mengizinkan saya akan cuti besok, yakni pada tanggal
2 Mei 2010

Lamanya cuti yang saya permohonkan yaitu 3 bulan dari tanggal yang sudah saya tetapkan. dan berakhir kurang lebih pada tanggal 2 Juli 2010.
Dikarenakan bulan depan yaitu Juni, akan diadakannya UAS, maka dari itu saya mempertimbangkan bimbingan untuk para siswa kepada guru lain yang saya tunjuk untuk menggantikan saya sementara, dimaksudkan agar para siswa bisa belajar dengan maksimal biarpun saya tidak ada disekolah.

Adapun hal-hal yang nantinya akan diperlukan, pihak sekolah bisa mendatangi Alamat rumah saya. Dan dokumen-dokumen yang penting akan saya serahkan kepada pihak sekolah agar tidak terjadi kekhawatiran pada pihak sekolah.
Demikian surat permohonan cuti ini saya buat sejelas-jelasnya. Semoga bapak dan para guru bisa memaklumi keadaan saya. Dan semoga saya diberi izin. terimakasih . wasalamualaikum.

Hormat saya,

 

Nurkarimah, Spd.
NIP. 0192929211

download format words

Ads

Tips Saat Cuti

Saat anda mengambil cuti, berikut beberapa tips yang harus anda lakukan agar menikmati cuti anda.

  1. Fokus ke cuti anda. Jangan memikirkan pekerjaan untuk sementara, Cuti memang merupakan hak semua karyawan. Jadi nikmatlah.
  2. Jangan lost kontak sama sekali. Kasihan teman yang menggantikan posisi anda jika iya ingin menghubungi anda untuk masalah darurat. Jadi sebaiknya anda memberikan nomor kontak darurat anda.
  3. Jangan membuat alasan yang tidak logis. Cuti merupakan hak semua karyawan, jadi usahakan alasan tidak anda buat buat atau berbohong.
  4. Jangan mendadak. Jangan memberi tahu anda akan cuti mendadak.
  5. Konsultasikan dengan teman dan atasan. Konsultasikan dengan teman dan atasan terlebih dahulu sebelum anda menyatakan cuti.

Semoga Surat yang saya berikan dapat membantu anda para wanita karir yang akan melaksanakan cuti melahirkan. Adapun kesalahan dalam pengetikan yang kurang berkenan dengan anda, bisa anda ganti sesuai dengan keinginan anda. Semoga Persalinan anda berjalan dengan lancar. Amin. Semangat

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 07th, May 2015 / 14:24 Oleh :
Kategori : Surat Cuti