Contoh Surat Edaran Dinas Berbagai Kepentingan

Surat edaran merupakan salah satu contoh surat resmi yang bertujuan untuk memberikan pemberitahuan atau informasi secara resmi yang diedarkan secara tertulis dan ditujukan kepada orang banyak/ umum baik di dalam ruang lingkup tertentu atau masyarakat luas serta sifatnya tidak rahasia. Surat edaran pada umumnya merupakan surat yang bertujuan  untuk memberitahukan sebuah informasi kepada orang lain. Surat ini biasanya dikeluarkan oleh suatu instansi atau perusahaan tertentu yng bersifat resmi dan formal. Surat edaran ini biasanya berisi tentang pemberitahuan atau informasi, anjuran, larangan, petunjuk, pengumuman dan lain sebagainya.

Surat edaran termasuk kedalam surat resmi. Oleh karena itu didalamnya pun harus memakai bahasa resmi yang baik, baku, dan bahasa yang sesuai EYD, bahasanya singkat, jelas, dan padat, serta terdapat nomor surat, kop surat lembaga/ organisasi yang membuatnya, tanda tangan serta cap basah. Selain itu, untuk dapat membuat surat resmi yang baik kita harus mempunyai kemampuan menulis surat resmi yang baik pula seperti memiliki kemampuan dalam menguasai bahasa yang dipakai dalam surat resmi, memiliki kemampuan dalam menguasai bentuk atau gaya surat resmi, memiliki ide atau tema yang jelas untuk disampaikan dalam surat, dan memiliki kemampuan untuk menulis urutan masalah dengan runtut dan baik.

Ads

Untuk lebih jelasnya mengenai surat edaran, berikut ini diberikan contoh mengenai surat edaran dinas untuk berbagai kepentingan resmi.

Contoh Surat Edaran Dinas Pendidikan

Contoh Surat Edaran Dinas Pendidikan

PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG
DINAS PENDIDIKAN MENENGAH
Jl. Bunga Tulip No. 1 Bandung 30987
Telp. 022 – 439029 Fax. 022 – 439028

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/16

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, maka dengan ini kami beritahukan bahwa seluruh sekolah menengah di Kota Bandung wajib mengadakan upacara bendera yang serentak diadakan di sekolah masing – masing pada:
Hari       : Jumat
Tanggal : 28 Oktober 2016
Waktu   : 07.00 WIB – selesai

Demikian surat edaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama yang baik dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Kepala Dinas Pendidikan Menengah

Kota Bandung

Ir. Ghandara Wira, M.Pd
NIP. 431099876

Tembusan :

  1. Biro Administrasi dan Umum
  2. Walikota Kota Bandung
  3. Kepala Sekolah se-Kota Bandung

download format words


Contoh Surat Edaran Dinas Sekolah

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

 

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/16

Hal                         : Pemberitahuan Beasiswa

Berdasarkan Surat Edaran dari Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia tentang pemberian beasiswa kerja sama antara Indonesia dan Australia, maka dengan ini kami beritahukan kepada seluruh siswa – siswi SMA Negeri 60 Kota Bandung yang berminat untuk mendapatkan beasiswa tersebut agar segera mengumpulkan syarat – syarat pengajuan beasiswa. Adapun syarat pengajuan beasiswa tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Curiculum Vitae
  2. Surat Rekomendasi Sekolah
  3. Copy  Sertifikat Penghargaan Prestasi
  4. Pas Foto 4 x 6 (4 Lembar)
  5. Formulir Pendaftaran Beasiswa
  6. Kartu Identitas

Berhubung banyaknya persyaratan yang harus disusun, diharapkan syarat-syarat tersebut dapat segera dikumpulkan secara lengkap kepada Bagian Tata Usaha paling lambat tanggal 10 November 2016.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60

Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd
NIP. 42463846236

download format words


Contoh Surat Edaran Dinas Instansi Pemerintah

PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG
DINAS PERTAMANAN DAN TATA KOTA
Jl. Teknologi Canggih Raya No.1 Kota Bandung 30987
Telp. 022 – 891092 ext. 345  Fax. 022 -891090
http://www.pertamanankotabdg.gov  Email: askadmin@ pertamanankotabdg.gov

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/16

Bahwa dalam ranngka meningkatkan disiplin dan kinerja pelayanan kepada kepada masyarakat maka diminta kepada seluruh pegawai di lingkungan Dinas Pertaman dan Tata Kota untuk mentaati dan memperhatikan kembali mengenai peraturan jam kerja berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2016, mengenai peraturan jam dan pakaian kerja, maka ditetapkan sebagai berikut :

Hari Jam Kerja Istirahat Pakaian
Senin – Rabu 08.00 – 16.00 12.00 – 13.00 Atasan : Kemeja Putih

Bawahan : Hitam, bahan katun

Kamis 08.00 – 16.00 12.00 – 13.00 Atasan : Kemeja Batik

Bawahan : Warna Gelap bahan katun

Jumat 07.30 11.45 – 13.00 Atasan : Kemeja Instansi

Bawahan : Warna Gelap

Demikian surat edaran ini kami sampaikan untuk dilaksanakan sebaik – baiknya, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala Dinas Pertamanan
dan Tata Kota

Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd
NIP. 42463846236

download format words


Penting untuk diingat, karena tadi sudah diberitahukan bahwa surat edaran ini merupakan surat resmi, maka bagian – bagian penting dari surat edaran ini harus diperhatikan, diantaranya adalah :

  1. Bagian Atas atau Kepala Surat harus berisi : kop surat atau nama beserta identitas institusi, kata surat edaran yang ditulis dengan menggunakan huruf capital semua, nomor surat edaran, perihal atau tujuan surat edaran, tanggal surat edaran dan penerima surat edaran.
  2. Bagian tengah surat edaran ini merupakan bagian isi dari surat yang berupa pengumuman ataupun informasi mengenai apa yang akan disampaikan dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas.
  3. Bagian bawah atau bagian akhir dari surat edaran berisi tanda tangan, cap basah dan nama pengirim surat serta jabatannya dan juga tembusan jika ada dan diperlukan.

Demikianlah artikel mengenai beberapa contoh surat edaran dinas. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi serta pengetahuan mengenai pembuatan surat tersebut dengan baik dan secara profesional.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 28th, October 2016 / 02:03 Oleh :
Kategori : Surat Dinas