Sponsors Link

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun yang Baik

Surat Jual Beli merupakan surat yang isinya menerangkan tentang jul beli yang terjadi. Di dalam surat jual beli, pihak penjual diwajibkan menyerahkan suatu barang kepada pihak pembeli. Sebaliknya, pihak pembeli diwajibkan menyerahkan sejumlah uang (sebesar harga barang ) kepada pihak penjual sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak. Setelah terjadi penandatanganan pada surat tersebut, kedua belah pihak terikat agar menyelesaikan kewajiban masing masing sesuai dengan perjanjian-perjanjian yang tertera. Setiap pelanggaran atau kelainan dalam memenuhi kewajiban akan mendatangkan konsekuensi hukum karena pihak yang dirugikan berhak mengajukan tuntutan atau klaim.

Surat perjanjian jual beli biasanya dibuat agar tidak ada salah satu pihak yang dirugikan.karena sekarang ini banyak penipuan dalam transaksi jual beli sehingga kalian harus membuat surat perjanjian dalam melakukan transaksi.

Ads

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat beberapa contoh surat jual beli tanah dengan format resmi yang baik berikut di bawah ini.

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Teh

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Teh

SURAT PERJANJIAN

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                   : Hamdani Aziz
Agama                 : Islam
Alamat                 : Jalan Sambel Hejo No. 4 Rt. 3 Rw. 1 Bandung
Telepon               : 076990768
Pekerjaan           : Pegawai Swasta
Selanjutnya disebut dengan pihak pertama.

Nama                   : Dimas Andrean
Agama                 : Islam
Alamat                 : Komplek Bandung Bersama Bl. Z3 No.4 Kabupaten Bandung
Telepon               : 076883123
Pekerjaan           : PNS
Selanjutnya disebut dengan pihak kedua.

Pada tanggal 28 Oktober 2016 pihak pertama telah menjual, lepas/ mutlak sebidang tanah berupa perkebunan the seluas 5000 M2 dengan alamat Jalan Harimau Belang km. 30 RT. 03 RW. 01 Kelurahan Asam Manis, Kecamatan Melodi Indah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat kepada pihak kedua dengan harga tunai Rp. 750.000.000,- (tujuh ratus lima puluh juta rupiah). Pembayaran dilakukan dihadapan saksi-saksi dengan tunai.

Maka, sejak tanggal 28 Oktober 2016, Tanah tersebut di atas telah menjadi hak milik pihak kedua. Pada waktu pelaksanaan jual beli tanah tersebut baik pihak pertama (penjual) maupun pihak kedua (pembeli) juga saksi-saksi semuanya meyatakan satu sama lain dalam keadaan sehat, baik jasmani maupun rohani, dan segala sesuatu dengan itikad baik. Setelah surat perjanjian jual beli ini dimengerti oleh pihak pertama dan pihak kedua juga saksi-saksi, maka ditanda tanganilah sebagai permulaan saat pemindahan hak milik pihak pertama kepada pihak kedua.

Demikianlah surat jual beli tanah ini dibuat dengan sebenar – benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun, serta dapat dipergunakan secara hukum apabila diperlukan.

Bandung, 28 Oktober 2016

Pihak Kedua                                                                                                                      Pihak Pertama

Dimas Andrean                                                                                                                Hamdani Aziz

Saksi-saksi

  1. Boy Saputra (………………………………….)
  1. Rangga Amara (………………………………….)

download format words


Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Warisan

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Warisan

SURAT JUAL BELI

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                                    : Fernando Hose
Tempat, Tanggal Lahir                     : New York, 18 April 1980
Alamat                                                 : Komplek Bersih Bersinar Blok A3 No.3 Bandung
Selanjutnya disebut dengan Pihak Pertama.

Nama                                                    : Rangga John
Tempat, Tanggal Lahir                     : Jakarta, 6 November 1977
Alamat                                                 : Jl. Wangi Anggrek 5 No. 1 Bandung
Selanjutnya disebut dengan Pihak Kedua.

Pasal 1

Pihak Pertama menjual sebidang tanah kebun singkong warisan orang tua seluas 3500 m2 di Jalan Senang Semangat Raya Km. 80,5 Kabupaten Bandung dengan harga Rp. 175.000.000 (Seratus Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah) kepada Pihak Kedua pada hari Jumat, tanggal 28 Oktober 2016.

Pasal 2

Pihak Kedua telah menyerahkan uang muka sebesar Rp. 85.000.000 (Delapan Lima Puluh Juta Rupiah) pada tanggal 20 Oktober 2016 dan sisanya sebesar Rp. 90.000.000 (Sembilan Puluh Juta Rupiah) akan dilunasi pada tanggal 28 Oktober 2016.

Pasal 3

Apabila kelak terjadi perselisihan atas sebidang tanah tersebut, maka kedua pihak akan memusyawarahkannya secara damai dan kekeluargaan, tidak akan langsung membawa perkara kemuka pengadilan. Tetapi jika tidak ada titik temu atas perselisihan, maka akan langsung dibawa ke Pengadilan Negeri Kota Bandung.

Demikian surat jual beli ini kami buat agar mempunyai kekuasaan hukum yang sah dan berlaku serta dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun.

Bandung, 28 Oktober 2016

PIHAK PERTAMA                                                                                           PIHAK KEDUA

Fernando Hose                                                                                                 Rangga John

SAKSI PERTAMA                                                                                             SAKSI KEDUA

Dimas Anderan                                                                                                Aliando Sjarief

download format words


Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Orang Tua

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun Orang Tua

SURAT JUAL BELI

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Pihak I (Pertama)
Nama                    : Fernando Hosee
Agama                  : Islam
Alamat                 : Jalan Sambel Hejo No. 4 Rt. 3 Rw. 1 Bandung
Telepon               : 076990768
Pekerjaan           : Pegawai Swasta

Pihak II (Kedua)
Nama                    : Dimas Andrean
Agama                  : Islam
Alamat                 : Komplek Bandung Bersama Bl. Z3 No.4 Kabupaten Bandung
Telepon               : 076883123
Pekerjaan           : PNS

Dengan ini para pihak bermaksud untuk membuat dan menandatangani surat jual beli tanah milik orang tua dengan ketentuan sebagai berikut.

  • Pihak Pertama sebagai anak dari pemilik tanah kebun seluas 500 m2 yang akan dijual yang berlamat di Jalan Senang Semangat Raya Km. 80,5 Kabupaten Bandung, telah menjual tanah tersebut kepada Pihak Kedua dengan harga Rp. 100.500.000 (Seratus Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
  • Pihak Kedua telah membayar uang muka sebesar Rp. 50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah) kepada Pihak Pertama pada tanggal 20 Oktober 2016. Dan Pihak Kedua melunasi seluruh pembayaran penjualan tanah tersebut kepada Pihak Pertama pada tanggal 28 Oktober 2016.
  • Apabila kelak terjadi perselisihan atas sebidang tanah tersebut, maka kedua pihak akan memusyawarahkannya secara damai dan kekeluargaan, tidak akan langsung membawa perkara kemuka pengadilan. Tetapi jika tidak ada titik temu atas perselisihan, maka akan langsung dibawa ke Pengadilan Negeri Kota Bandung.

Demikianlah surat jual beli tanah ini dibuat dengan sebenar – benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun, serta dapat dipergunakan secara hukum apabila diperlukan.

Bandung, 28 Oktober 2016

Pihak Kedua                                                                                                                      Pihak Pertama

Dimas Andrean                                                                                                                Fernando Hose
Saksi-saksi

  1. Boy Saputra     (………………………………….)
  1. Rangga Amara (………………………………….)

download format words


Untuk menulis surat jual beli perlu kita perhatikan hal – hal seperti penggunaan bahasa yang baik dan benar serta harus tepat, singkat, jelas, dan sistematis. Walaupun tidak ada format baku dalam penulisan surat jual beli, tetapi surat jual beli ini biasanya meliputi hal-hal sebagai berikut.

  1. Bagian Atas. Pada bagian ini berisi kop surat (jika ada), Judul Surat, dan juga nomor surat
  2. Bagian Tengah. Biasanya bagian ini merupakan pembukaan Biasanya berisi tanggal dan tempat pembuatan surat dan juga tanggal surat jual beli, lalu menyebutkan identitas kedua belah pihak yang terlibat jual beli dengan benar, latar belakang kesepakatan, isi surat yang diurai secara mendetail, seperti hak dan kewajiban pihak-pihak, dan berbagai janji atau ketentuan yang disepakati bersama, serta upaya yang dilakukan atau ditempuh jika suatu hari terjadi sengketa.
  3. Bagian Akhir. Di bagian ini berisi kalimat penutup dan juga tanda tangan kedua belah pihak diatas materai dan para saksi (kalau ada).

Itulah mengenai contoh surat jual beli tanah kebun dengan format resmi yang dapat digunakan sebagai referensi dalam membuat surat jual beli yang baik.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 28th, October 2016 / 10:12 Oleh :
Kategori : Surat Keterangan