Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pemerintah Berbagai Posisi

Tidak dapat dipungkiri, saat ini bekerja pada instansi pemerintahan masih menjadi dambaan banyak orang. Tidak hanya di lingkungan yang ada dibawah pemerintahan langsung seperti di dinas atau di kementrian saja, tetapi di badan pemerintahan atau di departemen pemerintahannya pun masih sangat banyak peminatnya. Baik itu menjadi PNS ataupun hanya menjadi tenaga honorer dengan bayaran yang kecil. Walaupun sebenarnya pada kenyataannya tenaga honorer ini mempunyai pekerjaan yang lebih berat dibandingkan dengan PNS.

Walaupun banyak yang berminat untuk bekerja pada instansi pemerintah, tidak sedikit juga yang tidak berminat sama sekali bekerja pada instansi pemerintahan. Beberapa diantaranya mereka tidak berminat bekerja pada instansi pemerintahan itu karena mereka ini menganggap bekerja pada instansi pemerintah tidak menjanjikan secara finansial dan tidak bonafit karena gajinya kecil, melewati jenjang karirnya cukup lama, birokratif, dan masih banyak hal negatif lainnya. Padahal kalau kita telusuri lebih detail, semua penentu arah kebijakan ada di tangan instansi pemerintah. Jadi secara tidak langsung juga, dengan bekerja pada instansi pemerintah, kita dapat memperbaiki dan memajukan pemerintahan negeri kita ini. Yang nantinya akan berimbas kepada kesejahteraan rakyat. Dan untuk masalah gaji yang bekerja pada instansi pemerintahan, gaji yang kita dapat tidak sekecil yang kita kira. Saat ini gaji pegawai pemerintahan sudah cukup memadai, apalagi ditambah dengan tunjangan dan insentif lainnya seperti dari pekerjaan tambahan, kunjungan ke daerah, menjadi tim penilai, dan lain – lain, yang total gaji yang kita peroleh tidak jauh ketika kita bekerja pada pihak swasta.

Berikut ini adalah contoh beberapa surat lamaran kerja bagi yang ingin bekerja pada instansi pemerintahan untuk berbagai posisi agar dapat diterima pada instansi atau badan pemerintahan yang kita inginkan.

sponsored links

Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pemerintah sebagai CPNS

Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pemerintah sebagai CPNS

Bandung, 16 Mei 2016
Yth. Panitia Ujian Penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil
Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral
Up. Kepala Biro Kepegawaian
Di Jakarta

 

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya informasi pelaksanaan Ujian Penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil yang dimuat pada Harian Suara Rakyat pada Sabtu, 14 Mei 2016, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                                  : Dedi Setiawan
Tempat,tanggal lahir     : Bandung, 18 April 1993
Umur                                    : 23 Tahun
Jenis Kelamin                    : Laki – laki
Alamat                                 : Jl. Mawar Setia No.4 Bandung
No.Telepon                        : 089321657890
Pendidikan                        : S1 Teknik Geologi
Bermaksud mengajukan lamaran pada instansi yang Bapak/ Ibu pimpin. Dan sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu, saya lampirkan :

  1. Curiculum Vitae
  2. Photo Copy Ijazah
  3. Photo Copy Transkrip Akademik
  4. Photo Copy Sertifikat TOEFL
  5. Photo Copy KTP
  6. Photo Copy SKCK
  7. Photo Copy Surat Keterangan Kesehatan
  8. Photo Copy Surat Pernyataan Belum Menikah
  9. Kartu Tanda Pencari Kerja dari Depnaker
  10. Photo Berwarna Ukuran 3 x 4, 2 Lembar

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan harapan Bapak/ Ibu dapat mempertimbangkan permohonan lamaran saya. Atas segala perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Dedi Setiawan

download format words


Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pemerintah sebagai Guru Honorer

Yth. Kepala Bagian Kepegawaian
SMA Negeri 70
Jl. Utama Raya No. 44 Bandung

Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya pengumuman lowongan kerja sebagai guru honorer pada SMA Negeri 70 Bandung, yang diumumkan melalui website karir kampus Universitas Rajin Belajar, saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                               : Dedi Setiawan
Tempat,tanggal lahir    : Bandung, 18 Oktober 1990
Alamat                             : Jl. Sungai Panjang No.5 Bandung
No.Telepon                    : 089321657890
Pendidikan                    : S1 Pendidikan Matematika

bermaksud mengajukan lamaran pada posisi guru matematika honorer pada sekolah yang Bapak/ Ibu pimpin. Saya merupakan lulusan baru, tetapi saya memiliki pengalaman magang sebagai guru matematika di sebuah sekolah swasta ternama di Jakarta pada tahun 2015 selama 6 bulan dan menjadi guru privat matematika dan bahasa Inggris selama 2 tahun. Saya aktif di organisasi. Beberapa diantaranya saya berperan sebagai ketua organisasi tersebut. Saya merupakan seorang dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi dan berbahasa inggris aktif. Selain itu, saya juga sangat senang dengan dunia pendidikan, terutama dalam hal mengajar. Ketepatan waktu, kejujuran dan dapat membuat seseorang mengerti akan sesuatu hal adalah yang paling utama dalam hidup saya.

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan jujur dan benar. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terimakasih.

 

Bandung, 18 Mei 2016
Hormat saya,

Dedi Setiawan

download format words


Contoh Surat Lamaran Kerja Instansi Pemerintah sebagai Pegawai Tidak Tetap

Kepada
Kepala Sub Bagian Umum & Kepegawaian
Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG)
di  Bandung

 

Dengan hormat,
sehubungan dengan adanya rencana penerimaan pegawai tidak tetap (PTT) di lingkungan Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG), maka saya yang bertanda tangan d bawah ini:
Nama                              : Dedi Setiawan
Tempat,tanggal lahir   : Bandung, 18 April 1991
Alamat                            : Jl. Mawar Setia No.4 Bandung
No.Telepon                    : 089321657890
bermaksud mengajukan lamaran sebagai pegawai tidak tetap pada badan kepegawaian yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

  1. Curiculum Vitae
  2. Copy KTP
  3. Foto 2×3, 3,4 dan 4×6 (2 lembar)
  4. Copy Ijazah
  5. Copy Transkrip Akademik
  6. Copy SKCK
  7. Copy Kartu Kuning
  8. Copy Sertifikat TOEFL
  9. Surat Keterangan Kesehatan

Saya merupakan seorang dengan jiwa kepemimpinan yang tinggi dan aktif dalam berorganisasi. Beberapa diantaranya saya berperan sebagai ketua organisasi tersebut. Selain itu, saya juga aktif berbahasa inggris. Ketepatan waktu dan kejujuran adalah hal yang paling utama dalam hidup saya.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan kondisi yang sebenarnya. Apabila dikemudian hari terdapat perbedaan, saya siap untuk mempertanggung jawabkannya. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Bandung, 16 Mei 2016

Hormat saya,

 

Dedi Setiawan

download format words


 

Sebelum ditutup, disini akan ada beberapa tips bagi yang ingin bekerja pada instansi pemerintah. Jika ingin berkerja pada instansi pemerintahan, kita harus bersiap diri sejak sebelum lulus kuliah, atau minimal 6 bulan sebelum adanya seleksi penerimaan, karena biasanya untuk bekerja pada instansi pemerintahan ada banyak tes yang dilalui dan salah satunya ada tes kesehatan yang tidak cukup sebulan atau dua bulan saja dipersiapkannya.

  • Yang pertama harus kita persiapkan adalah mental kita. kita harus mempunyai mental yang kuat karena ada banyak godaan jika kita nanti diterima sebagai pegawai pada instansi pemerintahan tersebut.
  • Yang kedua kita juga harus belajar lebih awal. Belajar mengenai tes – tes  akademik yang akan dihadapi nanti. Misalnya untuk menjadi cpns akan ada tes yang isinya pancasila, kewarganegaraan, ataupun intelegensia. Atau misal di BUMN, biasanya kita akan menghadapi tes akademik yang isinya mengenai teori – teori yang berkaitan dengan pemerintahan dan jabatan yang kita lamar. Kita harus mempersiapkan semua itu agar bisa lolos di tahap ini.
  • Yang ketiga kita harus mempersiapkan kesehatan kita juga. Karena akan ada tes kesehatan yang akan kita lalui jika kita sudah lolos beberapa tahap sebelumya. Banyaknya tahapan – tahapan yang dilalui tergantung pada instansi yang akan kita pilih nantinya. Pemeriksaan kesehatan ini akan sangat menentukan kita lolos atau tidaknya. Karena biasanya tahap ini ada di tahap akhir atau tahap sebelum wawancara. Pemeriksaan kesehatan pun dilakukan secara detail dan menyeluruh. Dari mulai tes fisik, sampai tes kolesterol, diabetes dan lain sebagainya.
  • Yang keempat adalah berdoa dan berusaha. Doa adalah hal yang paling mujarab untuk kita diterima atau tidaknya. Kalau kita sudah berusaha tetapi tidak berdoa, biasanya akan menjadi sia – sia saja. Oleh karena itu. Berdoa adalah hal yang paling penting.

Demikianlah mengenai contoh surat lamaran kerja di intansi pemerintahan. Semoga dapat menjadi referensi dalam menulis surat lamaran yang baik dan profesional. Dan harus kita ingat, semua rezeki kita sudah ada yang mengatur. Jadi tetaplah semangat dan optimis dalam mengejar cita – cita yang kita harapkan.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 15th, May 2016 / 20:03 Oleh :
Kategori : Surat Lamaran Kerja