Sponsors Link

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Mengundurkan diri dari sebuah organisasi adalah sebuah keputusan yang sangat besar dan untuk merealisasikan keputusan yang sudah dibuat tentu kita harus membuat surat pengunduran diri yang baik. Seluruh organisasi baik yang berkecimpung di dunia masyarakat, sekolah, universitas, badan olahraga, ataupun politik apabila salah satu anggotanya memutuskan untuk keluar harus memberikan surat pengunduran diri.

Ada banyak macam-macam surat pengunduran diri untuk keluar dari sebuah organisasi karena organisasi itu sendiri banyak macamnya seperti OSIS, Himpunan Jurusan, Badan Eksektif Mahasiswa, partai politik, dll.

Berikut akan saya berikan berbagai contoh surat pengunduran diri sesuai dengan jenis organisasinya masing-masing:

sponsored links


Contoh Format Surat Pengunduran Diri dari OSIS

Contoh surat pengunduran diri dari OSIS

Kepada

Yth. Ketua Osis dan Pembina Osis SMA TUGU SATU

di Tempat

 

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama: Clara Abigail Jayasa
Kelas: XI IPS 2
Jabatan: Bendahara II

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin untuk mengundurkan diri dari Organisasi resmi ( OSIS ) SMA Tugu Satu. Adapun alasan dari pengunduran diri ini adalah :

  1. Orang tua tidak menyetujui
  2. Jadwal rapat OSIS yang terlalu padat dan menyita waktu belajar
  3. Minat saya untuk berada di organisasi OSIS sudah tidak ada

Selama setahun memegang tanggung jawab di organisasi OSIS sebagai bendahara II saya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta mengasah kemampuan saya dalam hal berorganisasi. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Pengurus dan Pembina SMA Tugu Satu dan mohon maaf yang sedalam-dalamnya apabila ada perilaku yang kurang berkenan selama saya ada di dalam organisasi OSIS.

Besar harapan saya bahwa anda memberikan izin kepada saya untuk mengundurkan diri. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Mengetahui:

Orang Tua Murid

 

(Sutomo Sugiharto)                                                                                     (Clara Abigail Jayasa)

NIS 200578

Menyetujui:

Pembina Osis                                                                                                               Ketua Osis 2013

 

(Agung Eko S.)                                                                                                               (Saka Arisena)

 

Preview & Download

download format words

Contoh Format Surat Pengunduran Diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Contoh surat pengunduran diri dari BEM

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 SEBAGAI ANGGOTA BEM

DI UNIVERSITAS UTAMA BANGUN BANGSA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama: Kristian Sulaiman
Jabatan di BEM: Seksi Dokumentasi
Fakultas: Ekonomi – Manajemen
NIM: 178654009
Alamat: Jl. Bungur Domang 7 Rt 02/07 No. 34, 11765. Jakarta
Telp: 087756743566

Mengajukan surat pengunduran diri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bangun Bangsa. Selama ada di dalam kepengurusan BEM saya sudah mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran serta menjadi bagian dari berkembangnya organisasi ini. Mohon maaf apabila dalam organisasi saya pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan dari pihak manapun. Saya berharap pembina dan pengurus BEM Universitas Bangun Bangsa  dapat memahami keputusan yang sudah saya buat. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

17 Desember 2007

Yang menyatakan,

 

(Kristian Sulaiman)

Materai 6.000

Preview & Download

download format words


Contoh Format Surat Pengunduran Diri dari Partai Politik

Contoh surat pengunduran diri dari Partai Politik

Kepada Yth :
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa
Bapak Dr.H.Jaka Abraham Sitompul
Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Dengan Hormat, kami sampaikan semoga Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Bersama dengan surat ini, perkenankan saya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. 1Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa (PDB) yang memberi kepercayaan kepada saya untuk dapat menjadi bagian Pengurus Partai yang Bapak pimpin. Sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang Masa Bakti 2012-2017, sesuai SK DPP Partai Demokrat Bangsa Nomor 56.06/SK/DPP.DP/DPC/V/2012.
  2. Saya menilai PDB tetap harus konsisten memperjuangkan nilai-nilai moral, sosial dan budaya yang tengah mengalami krisis di bumi pertiwi yang tercinta ini. Saya pribadi akan selalu mendukung semangat perjuangan dalam hal ini.
  3. Dengan demikian, dengan segala hormat kepada Bapak Ketua Umum PD, saya memohon pengertian Bapak bahwa mulai hari ini saya menyatakan Pengunduran Diri saya sebagai Ketua Majelis Partai Cabang DPC Partai Demokrat Bangsa Kabupaten Malang.
  4. Keputusan yang sangat sulit ini memang perlu saya tetapkan agar saya dapat lebih fokus dalam memperjuangkan aspirasi politik yang saya yakini. Semoga Bapak dapat memahami keputusan saya ini, dan saya mohon keputusan ini tidak memutuskan tali persaudaraan dan tali silaturahmi diantara kita.

Terima kasih atas segala perhatian Bapak Ketua Umum DPP Partai Demokrat Bangsa selama ini.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam Hormat,

 

H.Ahmad Syaiful Assegaf

Preview & Download

download format words


Contoh Format Surat Pengunduran Diri dari Himpunan Mahasiswa

Contoh surat pengunduran diri dari Himpunan Mahasiswa

Surabaya, 17 Juni 2013

 

Yth. Ketua Umum HIMAKO

Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Airlangga

di –

Tempat

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini  :

Nama: Sarah Sechan Viondra

NIM: 19876523

Jurusan: Ilmu Komunikasi

Jabatan: Head of Public Relations

Dengan ini saya mengajukan pengunduran diri dari Badan Pengurus Harian (BPH) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKO) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah sebagai berikut :

  1. Sudah bekerja dan jadwal kegiatan saling berbenturan
  2. Tidak adanya minat lagi untuk tetap berada di dalam organisasi

Saya sudah banyak menimba pengalaman selama menjadi bagian keluarga di sini dan semoga kinerja saya bisa menjadikan laju-kembang organisasi ini. Apabila terdapat kesalahan pada diri saya selama menjalankan amanah pada organisasi ini, saya mohon maaf sebesar-besarnya.Surat ini saya buat sesuai dengan inisiatif saya tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak lain. Saya berharap pembina dan pengurus HIMAKO dapat memahami kondisi saya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(Sarah Sechan Viondra)

NIM 19876523

Preview & Download

download format words


Ads

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri dari Organisasi Secara Sempurna

Mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan atau organisasi bukan hanya mempengaruhi diri sendiri namun banyak orang oleh karena itu saat memutuskan untuk mengundurkan diri sebaiknya dalam eksekusi kita harus lebih bijaksana agara tidak melukai perasaan orang di sekeliling.

Baik di dunia korporat ataupun organisasi individu diharapkan menjadi seorang yang profesional.  Salah satu hal yang mencerminkan sikap profesionalisme anda tercermin saat anda mengajukan surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri harus memuat alasan yang logis dan sah mengapa ia mempunyai keinginan untuk meninggalkan pekerjaan atau organisasi.  Namun perlu dicatat bahwa surat pengunduran diri haruslah singkat dan padat.

Jangan lupa untuk menulis rincian detail identitas anda di kantor baik nama, nomor induk karyawan, dan jabatan yang anda tempati. Ucapkan rasa terima kasih dan penting untuk diingat sebaiknya mengajukan surat pengunduran diri minimal 2 minggu sebelum anda ingin meninggalkan pekerjaan.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 04th, March 2015 / 00:54 Oleh :