Sponsors Link

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan yang Baik

Mengundurkan diri dari suatu pekerjaan di sebuah instansi atau sebuah perusahaan kadang membuat kita bimbang. Kadang walau kita sudah memantapkan pilihan untuk pengunduran diri atau mengundurkan diri, tetapi pikiran apakah pilihan mengundurkan diri ini sudah tepat atau belum ini masih suka menyelimuti.

Pada dasarnya, ada banyak alasan kenapa kita memilih untuk mengundurkan diri dari suatu pekerjaan. Ada yang jenuh atau bosan dengan pekerjaan tersebut dan sehingga membutuhkan suasana yang baru, ada yang memang sebenarnya tidak menyukai pekerjaan yang dilakoni tetapi karena butuh pekerjaan maka harus melakoni pekerjaan itu, ada yang memang sudah mendapatkan pekerjaan di tempat kerja yang lain, ada yang karena sakit jadi tidak sanggup melakukan pekerjaan yang telah dilakoni, atau bisa juga karena akan menikah dan sang calon suami tidak mengijinkan untuk seorang istri bekerja saat sudah menikah nanti, dan masih banyak lagi alasan yang mengharuskan kita mengundurkan diri dari suatu pekerjaan pada sebuat tempat kerja.

 Tetapi, apapun alasan kita memilih untuk pengunduran diri atau mengundurkan diri, selayaknya kita tetap berlaku sopan kepada tempat yang telah memberikan kita pekerjaan tersebut. Caranya yaitu dengan melakukan pamit secara baik – baik karena sebelumnya kita masuk memulai bekerja di tempat tersebut secara baik – baik maka keluarnya pun harus secara baik – baik pula. Cara pamit yang baik yaitu salah satunya dengan mengajukan surat pengunduran diri.

Dalam pembuatan surat pengunduran diri ini tidaklah sulit. Cukup mudah seperti membuat surat lamaran pekerjaan hanya berbeda konteksnya saja. Tetapi harus tetap diperhatikan tata caranya agar surat pengunduran diri yang kita buat tidak menyinggung perasaan yang membaca, tetap sopan, resmi dan terlihat professional.

Berikut ini akan dicontohkan beberapa contoh surat pengunduran diri khususnya untuk yang belum mengetahui atau masih bingung mengenai surat pengunduran diri itu seperti apa.

sponsored links

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan sebagai Kepala Administrasi

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan sebagai Kepala Administrasi

Perihal : Permohonan Pengunduran diri

 

Yth.
Direktur HRD PT. Maju Sukses Bersama
Jl. Damai Sehat No. 365 Bandung

 

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya :
Nama           : Wina Athalia
NIK              : 8091289
Jabatan       : Kepala Administrasi
menyampaikan bahwa saya mengajukan permohonan pengunduran diri saya sebagai Kepala Administrasi pada PT. Maju Sukses Bersma dikarenakan saya akan ikut suami saya yang pindh bekerja di luar negeri sehingga tidak memungkinkan saya untuk tetap bekerja pada perusahaan ini.

Saya ucapkan banyak terimakasih atas segala bimbingan dan kerja sama yang terjalin selama saya menjadi kepala administrasi pada perusahaan ini. Saya juga ucapkan terimakasih atas dukungan dan semangat yang telah diberikan kepada saya untuk seluruh pihak khususnya kepada atasan dan teman – teman seperjuangan. Ada banyak sekali pengalaman dan ilmu tentang administrasi serta ilmu lainnya yang saya dapatkan disini yang tidak saya dapatkan ketika saya masih di bangku kuliah. Ilmu – ilmu yang dapat menjadi manfaat dan wajib untuk diterapkan kedalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Demikian surat permohonan pengunduran ini saya buat dengan sungguh – sungguh. Semoga permohonan pengunduran diri saya ini dapat dikabulkan dan dapat dimaklumi. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Bandung, 17 Agustus 2016

Hormat saya,

 

Wina Athalia

download format words


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan dalam Bahasa Inggris

Bandung, August 17, 2016

 

To : Mr. Andrean Hamzah Effendi
Research and Production Manager
PT. Sukses Maju Bersama

 

Cc: Mr. Freddy Gunawan
Human Resources Manager
PT. Sukses Maju Bersama

 

 

Dear Mr. Andrean

I would like to inform you my irrevocable pengunduran diriation  from my position as Production Operator of PT. Sukses Maju Bersama, effective September 17, 2016.

It is a great opportunity working at PT. Sukses Maju Bersma considering the fact that I have no enough knowledge regarding my position and still giving me the chance to work at PT. Sukses Maju Bersama. I enjoyed with your company with great people around me but things wouldn’t work out the way I wanted to be. That is why I’m leaving my position and take new challenge and phase of my career.

Thank you for the opportunity as well as the knowledge that you provide me during the last two years.

 

Sincerely,

Thomas Kurniawan Arief

download format words


Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan karena Menikah

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan karena Menikah

Bandung, 17 Agustus 2016

 

Yth. Manager HRD
PT. Sukses Maju Bersama
Jl. Panjang Sekali No. 1 Bandung

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                    : Frieska Sukma Putri
NIK                        : 5709642456
Jabatan                 : Management Trainee Dept. HRD
menyatakan bahwa saya mengundurkan diri sebagai karyawan pada posisi tersebut diatas dari PT. Sukses Maju Bersama terhitung sejak tanggal 10 September 2016.

Adapun alasan dari pengunduran diri saya dari perusahaan ini adalah karena adanya kewajiban untuk karyawan baru untuk tidak menikah selama dua tahun pertama bekerja. Sedangkan saya akan menikah dua bulan lagi, yaitu pada bulan Oktober, maka jika saya tidak mengundurkan diri, saya akan melanggar peraturan perusahaan ini.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala kesempatan serta dukungan dan kerjasama yang pernah terjalin selama saya menjabat sebagai Management Trainee Departemen HRD pada perusahaan ini. Banyak pengalaman serta ilmu telah yang saya dapatkan dan semakin saya kuasai. Selain itu saya juga memohon maaf apabila selama saya bekerja ada PT. Sukses Maju Bersama ini pernah melakukan kesalahan atau hal yang tidak berkenan.

Dan mengenai tanggung jawab pekerjaan yang belum bisa saya selesaikan sepenuhnya serta rencana kerja kedepan yang belum saya kerjakan, saya laporkan semua dari kemajuan dan perkembangan sampai rencana – rencana yang telah saya buat melalui lampiran dalam surat ini.

Sekian surat pengunduran diri ini saya buat dengan benar tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan semoga surat ini dapat dimaklumi. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Frieska Sukma Putri

download format words


Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat surat pengunduran diri ini adalah :

  1. Pertama, bahasa yang digunakan pastikan memakai bahasa yang resmi dan sopan. Serta tulislah secara singkat, padat dan jelas, jangan bertele – tele atau malah jadi curhat. Karena ini merupakan surat pengunduran diri bukan cerpen. Jadi selalu ingatlah tujuan menulis adalah untuk menulis surat pengunduran diri.
  2. Kedua, selalu sampaikan permohonan maaf dan terimakasih kepada perusahaan, atasan dan juga rekan – rekan.
  3. Ketiga, jika didalam surat hendak menyebutkan alasan pengunduran diri, janganlah menyebutkan alasan – alasan yang negatif. Misalnya karena gaji tidak sesuai yang diharapkan atau karena ada masalah dengan teman sekantor atau bahkan masalah dengan atasan. Intinya, jangan meninggalkan citra yang negatif ketika kita mengundurkan diri, karena biasanya akan berdampak ke tempat kita bekerja yang baru. Walau sudah mengundurkan diri dari suatu perusahaan, kita tetap harus menunjukkan rasa hormat terhadap perusahaan yang sudah pernah memberikan kita pekerjaan tersebut.
  4. Keempat, jangan lupa menyebutkan dengan pasti kapan tepatnya kita akan mengunduran diri. Agar perusahaan pun tidak bingung mengurus segala kewajibannya untuk memenuhi hak – hak karyawan dan segala administrasi karyawan.

Dan ada hal yang paling penting sebelum mengajukan pengunduran diri adalah berpikir secara matang dan logis. Pikirkan lagi sebelum mengambil keputusan tersebut, jangan sampai ada penyesalan nantinya. Karena mencari pekerjaan itu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan skill atau kemampuan serta peruntungan. Ada cukup banyak yang memiliki kemampuan bagus tetapi peruntungan tidak bagus, maka orang yang ini cukup sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal orang ini bisa sangat menguntungkan pihak perusahaan.

Itulah artikel mengenai contoh surat pengunduran diri dari perusahaan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan referensi yang bermanfaat untuk kita semua mengenai surat pengunduran diri yang baik.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 17th, August 2016 / 13:23 Oleh :