33 Contoh Surat Peringatan Absensi Resmi Profesional

Di dalam kehidupan sehari – hari, kita dituntut untuk selalu disiplin. Baik itu di lingkungan rumah, sekolah, ataupun pekerjaan. Karena dengan disiplin, kita akan sangat bisa membagi waktu dengan aktivitas yang banyak sehari – harinya dan juga tidak akan merugikan orang pastinya. Apalagi di dunia pekerjaan. Dengan karyawan yang mempunyai sikap disiplin, pastinya kinerja produktivitas perusahaan meningkat, maka perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan.

Tetapi, jika karyawan tidak disiplin, misalnya sering absen, perusahaan pun akan rugi. Tetapi perusahaan tidak dapat langsung memberhentikan karyawan, karena untuk memberhentikan karyawan itu ada aturannya. Jadi, sebelum diberhentikan langsung, perusahaan harus mengeluarkan yang namanya surat peringatan (SP). Yang dikeluarkan maksimal tiga kali (sampai SP3). Jadi, jika sampai tiga kali surat peringatan itu dikeluarkan tetapi karyawan yang melanggar aturan tersebut tidak ada perubahan maka karyawan tersebut dapat langsung diberhentikan.

Jadi, Surat Peringatan Tidak Masuk Kerja merupakan surat peringatan yang dikeluarkan oleh pihak HRD atau bagian kepegawaian atau bisa juga oleh pimpinan perusahaan atau instansi langsung  yang berisi tentang peringatan kepada karyawan karena telah menyalahi peraturan dan ketentuan tidak masuk kerja yang berlaku pada suatu perusahaan atau intansi tersebut.

sponsored links

Di dalam surat dijelaskan mengenaikepada siapa surat peringatan ditujukan, pelanggaran yang telah dilakukan, sanksi yang diberikan, masa berlaku dari sanksi tersebut, dan ketentuan mengenai surat peringatan.

Contoh Surat Peringatan Absensi di Lingkungan Perusahaan

Contoh Surat Peringatan Absensi di Lingkungan Perusahaan

PT. SUMBER RASA ASIN

Spesialis Jasa Konstruksi dan Bangunan

Jl. Teratai Putih Raya 1 Komp. Helvetia Boulevard Bl. A1 No. 2 – 4 Bandung 60897

Telp. 022 – 5098001 ext. 567 Fax. 022 – 5098000

Website : http://www.sumberrasaasin.com


SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1)

No. 05/SRA/HRD-01/IV/2016

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Nama                    : Raditya Harsono
NIP                     : 590289210
Jabatan                  : Staff IT

Surat peringatan ini diterbitkan berdasarkan hasil rekap absensi perusahaan yang menunjukkan bahwa Saudara Raditya tidak masuk kerja tanpa keterangan sebanyak 10 hari dalam satu bulan, yaitu bulan maret 2016 , diantaranya 5x berturut turut pada tanggal 7,8,9,10,11 Maret 2016 dan tanggal 16,17,18,21,dan 25 Maret 2016.

Peraturan yang berlaku di dalam lingkungan perusahaan dan yang tercantum di dalam surat perjanjian kerja mengenai tidak masuk kerja tanpa keterangan adalah sebanyak 2 (dua) kali.

Surat peringatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan sekaligus peringatan kepada yang bersangkutan agar bersedia mengamalkan tata tertib perusahaan dan tidak melakukan kesalahan yang dapat merugikan pihak perusahaan.

Sehubungan dengan pelanggaran yang telah dilakukan oleh Saudara Raditya, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa pemotongan gaji sebesar 25% dari gaji pokok dan tidak diberikannya uang makan untuk bulan Maret 2016.

Diberitahukan juga kepada yang bersangkutan bahwa pihak perusahaan akan memberikan Surat Peringatan sampai tiga kali. Maka, jika yang bersangkutan melakukan kesalahan yang sama sampai tiga kali diberikannya surat peringatan, maka pihak perusahaan, yaitu PT. Sumber Rasa Asin akan langsung memutuskan hubungan kerja dengan yang bersangkutan.

Demikian Surat Peringatan ini diberikan untuk dapat dijadikan perhatian dan bahan instropeksi diri yang bersangkutan.

 

Bandung, 30 Maret 2016

Diterima dan disetujui oleh                                                                         Dibuat Oleh

 

 

Raditya Harsono                                                                                               Elena Dyah Triwulan

Direktur Utama                                                                                                 Manager HRD

 

download format words


Contoh Surat Peringatan Absesnsi di Lingkungan Instansi Pemerintahan

Contoh Surat Peringatan Absesnsi di Lingkungan Instansi Pemerintahan

PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG

DINAS KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
Jl. Teknologi Canggih Raya No.1 Kota Bandung 30987

Telp. 022 – 891092 ext. 345  Fax. 022 -891090


SURAT PERINGATAN

No. 45/PKLH/SP/IV/16

 

Surat ini diberikan kepada :
Nama    : Keisha Suci Arlana
NIP         : 115890
Jabatan  : Tenaga Honorer

Sehubungan dengan pelanggaran tata tertib yang berlaku di lingkungan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung, yaitu melakukan keterlambatan hadir diatas lima belas menit sebanyak 5 (lima) kali dalam satu bulan dan mangkir dari tugas – tugas yang diberikan, maka dengan ini, Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung memberikan surat peringatan ini dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Surat peringatan ini memiliki masa berlaku yaitu hanya untuk 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan tersebut.
  2. Apabila dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan ini pihak yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran tata tertib yang menjadi dasar atas diterbitkannya surat peringatan ini, maka surat peringatan ini dinyatakan sudah tidak berlaku. Akan tetapi sebaliknya jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan kedepan dari tanggal diterbitkannya surat peringatan ini pihak yang bersangkutan kembali melakukan pelanggaran aturan tata tertib, maka Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Bandung akan langsung memutuskan kontrak kerja yang berlaku.
  3. Atas pelanggaran yang telah dilakukan pihak yang bersangkutan, maka pihak yang bersangkutan diberikan sanksi berupa pemotongan gaji sesuai dengan yang tertera pada surat perjanjian kontrak kerja, yaitu sebanyak 10% dari gaji pokok untuk pelanggaran atas keterlambatan, dan 20% dari gaji pokok untuk pelanggaran atas kesalahan mangkir dari tugas – tugas yang diberikan.
  4. Selama masa surat peringatan ini masih berlaku, maka pihak yang bersangkutan tidak akan mendapatkan fasilitas kantor yaitu berupa pemberian voucher makan siang.
  5. Demikian Surat Peringatan ini dikeluarkan untuk dapat dijadikan sebagai bahan instropeksi dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Atas perhatian Saudara/ saudari, kami ucapkan terima kasih.

 

Bandung, 18 April 2016

Mengetahui,

Kepala Dinas Kebersihan dan

Lingkungan Hidup

Ir. Deni Suganda, MBA

NIP. 367784

download format words


Contoh Surat Peringatan Absensi di Lingkungan Kampus

Contoh Surat Peringatan Absensi di Lingkungan Kampus

UNIVERSITAS NEGERI PELANGI HARAPAN BANGSA

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Jurusan Matematika Terapan

Jl. Bintang Pelajar No. 40 Kota Bandung

Telp. 022 – 345901  Fax. 022 – 345900

http://Pelangiharapanbangsabdg.edu.id


SURAT PERINGATAN

Nomor : 220/UNPHB/MHS-2/IV/2016

 

Kepada
Denis Harianto
NIM 320210
Kelas Statistika Dasar C
Sehubungan dengan adanya ketidakpatuhan Saudara Denis terhadap aturan kontrak perkuliahan yang berlaku, yaitu adanya ketidakhadiran tanpa keterangan sebanyak lebih dari tiga kali dalam satu semester, maka Saudara Denis tidak diperkenankan mengikuti UAS pada mata kuliah Statistika Dasar yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, Tanggal 19 Mei 2016.  Dan harap menghadap dosen yang bersangkutan sebelum tanggal 17 Mei 2016. Jika Saudara tidak menghadap dosen yang bersangkutan pada tanggal yang telah ditentukan, maka sesuai dengan kontrak perkuliahan yang berlaku, nilai mata kuliah Statistika Dasar yang Saudara ikuti akan langsung diberikan nilai E dan tidak boleh mengulang pada semester selanjutnya.

Sekian surat peringatan ini untuk segera diperhatikan. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terimakasih.

 

Bandung, 10 Mei 2016

Kepala Bagian Akademik

Cecep Rahmand

Tembusan           :

  1. Bapak Herawan Victor – Dosen Statistika Dasar

 

download format words


Itulah beberapa contoh mengenai surat peringatan absensi. Dan karena Surat Peringatan ini termasuk surat resmi. Jadi didalamnya sudah pasti ada kop surat, nomor surat, pembuat surat serta tanda tangan dan cap basah atau stempel perusahaan atau instansi.

Mudah – mudahan artikel mengenai contoh surat peringatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya bagi yang membutuhkan referensi ataupun informasi mengenai peringatan ini.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 20:23 Oleh :
Kategori : Surat Peringatan