Sponsors Link

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Berbagai Bidang

Surat perjanjian kerja sama penting untuk dibuat agar menghindari saat bekerja sama baik itu berupa kepemilikan sebuah bisnis atau pembagian hasil tidak terjadi cekcok. Selain itu surat perjanjian kerjasama ini pun bermanfaat sebagai sebuah pegangan apabila hak dan kewajiban yangs sudah tertera di surat tidak dipenuhi sehingga kita bisa membawa perkara ke hukum. Pada intinya, dengan surat perjanjian kerjasama hubungan bisnis pun bisa jauh lebih aman dari penipuan.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat perjanjian kerjasama yang bisa kalian jadikan acuan saat ingin memulai kerjasama bisnis:

sponsored links


Contoh Format Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Dagang

Contoh Format surat perjanjian kerja sama usaha dagang

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Perdagangan

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Michael Alvin Sutiyono
Alamat                  : Taman Aries Samudra A7/88, 11789. Jakarta Barat
No. Telp               : 08789967455

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama

Nama                    : William Wonka
Alamat                  : Taman Semanan Puncak Jaya N8/10, 11789. Jakarta Barat
No. Telp               : 08198765001

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua

Untuk selanjutnya antara pihak pertama dan kedua memilik perjanjian kerjasama dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak pertama menitipkan barangnya pada pihak kedua dengan sistem konsinyasi. Pihak kedua mendapatkan 10% dari omzet pejualan barang titipan pihak pertama.
  2. Jumlah maksimal penitipan barang yang  dilakukan pihak pertama kepada pihak kedua adalah 100 item untuk setiap desainnya.
  3. Pendistribusian barang untuk area Bandung dan sekitarnya diatur oleh pihak kedua.
  4. Pihak pertama akan membantu promosi pihak kedua, begitu juga sebaliknya.
  5. Pihak kedua melaporkan hasil penjualan kepada pihak pertama setiap bulannya, diawal bulan berikutnya disertai dengan penyerahan laba sebesar 90% dari omzet penjualan barang titipan pihak pertama kepada pihak kedua.

Demikian perjajian kerjasama ini kami buat untuk menjadi ikatan diantara kami. Segala hal yang belum termuat pada perjajian ini, dibicarakan bersama antara pihak pertama dan pihak kedua untuk mencapai mufakat dikemudian hari dan otomatis menjadi addendum pada perjanjian ini.

Perjanjian ini kami buat secara penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari manapun. Jika terjadi perselisihan pada pelaksanaan perjanjian ini, maka kami sepakat menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan dan musyawarah, namun jika tidak terselesaikan juga, kami sepakat menyelesaikan secara hukum yang berlaku.

 

Akad ini disepakati pada hari ( Jumat) tanggal 07/07/2017 oleh:

Pihak Pertama,

 

( Michael Alvin Sutiyono)

Pihak Kedua,

( William Wonka)

Preview & Download

download format words


Contoh Format Surat Perjanjian Kerjasama Modal Dagang

Contoh Format surat perjanjian kerja sama modal dagang

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

1.   Nama:  Ahmad Mustova
      Tempat /Tgl. Lahir :  Medan, 17 Maret 1986
      Jenis Kelamin:  Laki-laki
      Agama: Islam
      Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat B8/14, 16899. Medan
Selanjutnya disebut Pihak Pertama.
2.   Nama:  Fransisco Ronald
      Tempat /Tgl. Lahir: Bandung, 11 Desember 1982
      Jenis Kelamin:  Laki-laki
      Agama:Islam
      Alamat:  Jl. Taman Cosmos Indah RT 05/09 No.78, 18765. Bandung
Selanjutnya disebut Pihak Kedua.
Isi Perjanjian :
Pasal 1 :
Bahwa antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua telah sepakat mengadakan Kerjasama di bidang Fashion dengan modal awal Rp. 100.000.000,- ( Seratus Juta Rupiah ).
Pasal 2 :
Bahwa biaya sebagaimana tersebut pada pasal 1, ditanggung oleh masing-masing pihak sebesar Rp. 50.000.000,- ( Lima Pulu Juta Rupiah ).
Pasal 3 :
Bahwa masing-masing pihak berhak untuk mendapatkan pembagian hasil 50% dari keuntungan. di hitung setelah usaha berjalan selama Tiga Bulan. dan Selanjutnya dihitung setiap bulan.
Pasal 4 :
Bahwa apabila kekayaan perusahaan telah melebehi dari modal awal, maka masing-masing pihak berhak menarik modalnya kembali dan tidak mempengaruhi hak atas pembagian keuntungan.
Pasal 5 :
Bahwa hak-hak tersebut pada perjanjian ini akan menjadi gugur/tidak sah apabila pihak yang bersangkutan mengundurkan diri atau melakukan pelanggaran-pelanggaran yang merugikan perusahaan.
Pasal 6 :
Bahwa apabila dikemudian hari perusahaan mengalami pailit, maka masing-masing pihak memiliki kewajiban atau tanggung jawab.
Demikan surat perjanjian ini dibuat rangkap dua, di atas materai Rp. 6.000,00 Untuk dijadikan pegangan bagi masing-masing pihak. Dan surat perjanjian ini ditandatangani di depan saksi-saksi dan dalam keadaan sehat walafiat tanpa tekanan dari siapapun.

Dibuat di Bandung

Tanggal, 16 Maret 2010
Pihak  II                                                                                                         Pihak I
Fransisco Ronald                                                                                       Ahmad Mustova

Saksi-saksi :

1. ………………..
2. ………………..
3. ………………..

Preview & Download

download format words


Contoh Format Surat Perjanjian Kerjasama Investasi

Contoh Format surat perjanjian kerja sama investasi

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA INVESTASI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Agung Laksono

Jabatan : Pemiliki Usaha Ergo Fashion (Peminjam Dana)

Alamat : Jl. Bintaro Sektor 3 RT 06/09 NO. 33, 11765. Jakarta Selatan

Indonesia

Disebut pihak Pertama (I)

Nama : Randy Leono

Jabatan : Pemberi Dana

Alamat : Jl. Pondok Bambu RT 08/05 No 07, 15678. Jakarta Selatan

Disebut pihak Kedua (II)

Untuk selanjutnya antara pihak I dan pihak II sepakat untuk mengadakan kerjasama di bidang Ergo Fashion yang di atur dalam pasal-pasal berikut:

Pasal 1
Pihak kedua memberikan pinjaman dana kepada pihak pertama sebagai bentuk peningkatan skala usaha Ergo Fashion dalam memenuhi kebutuhan permintaan konsumen (pelanggan).

Pasal 2
Nilai investasi setelah melalui kesepakatan kedua belah pihak adalah Rp. 15.000.000,00 (lima belas juta rupiah).

Pasal 3
Pihak II mendapatkan sistem bagi hasil dan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pihak pertama memberikan pembagian hasil 10% dari hasil bersih total outlite.
  2. Pembagian hasil diberikan tiap bulan selama masa kontrak kerjasama.

Pasal 4
Pihak I diwajibkan menyerahkan kepada pihak II:

  1. Rencana anggaran belanja usaha (RAB).

Pasal 5
Apabila terjadi kerugian dalam pelaksanaan pengembangan usaha Ergo Fashion maka pihak I diwajibkan menanggung semua biaya kerugian serta diwajibkan menyelesaikan pengembalian dana seperti kesepakatan awal.

Pasal 6
Pihak I menyanggupi untuk mengembalikan dana pengembangan usaha dalam waktu 6 bulan.

Pasal 7
Dana tambahan lain diluar RAB yang  telah disepakati biayanya ditanggung sepenuhnya oleh pihak I.

Pasal 8
Perjanjian kerjasama ini berlaku sejak ditanda tangani dan dapat dibatalkan sewaktu-waktu sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Demikian untuk menjadikan maklum semua pihak yang berkepentingan

Jakarta, 10 Maret 2012

Pihak II                                                                                                                                                     Pihak I

 

 

_________________                                                                                                                ____________

 

Saksi

 

1____________________   ____________

 

 

2.___________________   _____________

Preview & Download

download format words

Ads

Surat perjanjian kerja sama sebetulnya ada banyak sekali formatnya, tergantung kebutuhan kita, namun secara umum pasal pasal dalam perjanjian dapat anda modifikasi sesuai kebutuhan.

Tips Membuat Surat Perjanjian Kerja Sama

Contoh surat perjanjian kerja sama di atas memiliki berbagai format yang dapat anda ambil sesuai dengan kebutuhan anda. Namun ada banyak lagi surat perjanjian kerja sama yang dapat anda buat sesuai dengan kebutuhan, namun agar tidak membahayakan anda, sebaiknya anda memenuhi beberapa tips ini.

1. Data Pihak pihak terlibat

Pastikan dulu data pihak pihak yang terlibat baik anda ataupun dengan pihak pembuat perjanjian sesuai dengan KTP. Usahakan data tidak berbeda dengan KTP dan jelaskan secara mendetil pihak 1 dan pihak keduanya siapa atau jika ada Pihak Ketiga.

2. Kerja sama yang dilakukan

Uraikan secara detil kerja sama yang anda lakukan atau buat apa tujuan perjanjian itu di buat. Jelaskan dalam poin – poin penting agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. INGAT usahakan kerja sama ini anda buat dengan sedetil detilnya atau jangan menggunakan kata kata yang umum atau overview saja. Apa pun yang tertuang harus jelas dan tidak menimbulkan ambigu di masa depan.

3. Pasal Pasal

Apa manfaat pasal pasal dalam perjanjian kerja sama ? Betul pasal pasal ini adalah kondisi yang mungkin akan terjadi atau yang mengakibatkan pembatalan perjanjian. Pasal pasal ini juga dapat memuat butir butir perjanjian yang di buat. Apa yang akan di lakukan jika salah satu pihak mengingkari perjanjian serta penanganannya.

4. Force Majeure

Segala jenis perjanjian kerja sama memiliki faktor x yang dapat membatalkannya, anda dapat menlist beberapa faktor x yang dapat mempengaruhi kerja sama yang anda lakukan. Contohnya saja, jika ada kenaikan dolar misalnya harga barang akan berubah. Selain itu bencana alam yang menyebabkan tidak tereksekusinya program kerja sama atau hal lainnya.

5. Penyelesaian Sengketa 

Dimana domisili anda ? dimana pengadilan tempat penyelesaian sengketa jika terjadi permasalahan ? hal ini harus anda jelaskan nantinya dalam butir surat perjanjian.

6. Ahli waris?

Untuk jenis perjanjian kerja sama yang mendesak dan penting, anda dapat menyertakan ahli waris yang akan menjadi penerus atau pelaksana perjanjian jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Adapun jika anda membutuhkan surat kerja sama yang anda anggap sangat penting bagi diri anda, sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan ahli hukum seperti notaris atau pengacara.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 04th, March 2015 / 01:28 Oleh :
Kategori : Surat Perjanjian