99 Contoh Surat Permohonan Kredit Profesional

Surat permohonan merupakan surat yang berisi mengenai permohonan atau permintaan tentang sesuatu hal kepada pihak terkait, baik perseorangan, badan, organisasi, perusahaan ataupun instansi. Permohonan yang ditujukan macamnya banyak sekali, mulai dari memohonan izin, memohonan dana, memohonan bantuan, memohonan kerja sama, dan lain sebagainya. Contoh surat permohonan pun terdiri dari beberapa jenis surat yang dinamakan atau disebut berdasarkan tujuan dan isi surat yang dimaksud, misalnya seperti surat permohonan izin, surat permohonan cuti, surat permohonan beasiswa, surat permohonan kehadiran, surat permohonan kerjasama, surat permohonan pengadaan barang, surat permohonan kegiatan acara, dan masih banyak lagi jenis contoh surat permohonan yang ada.

Ads

Untuk lebih jelasnya berikut merupakan mengenai contoh surat permohonan, pada kesempatan kali ini akan dicontohkan mengenai surat permohonan kredit dengan format profesional.

Surat permohonan kredit merupakan surat yang dibuat oleh pemohon untuk digunakan untuk mengajukan permohonan pinjaman yang berupa uang kepada suatu pihak (lembaga keuangan) untuk membiayai kepentingan kegiatan usaha dari pemohon. Dalam pembuatan surat permohonan kredit harus mencantumkan jumlah dana yang diperlukan. Namun biasanya pihak lembaga keuangan sudah mempersiapkan formulir khusus dalam hal ini, kita hanya tinggal mengisinya saja. Meskipun demikian kita juga harus mengetahui bagaimana bentuk dari surat permohonan kredit ini. Dan dibawah ini merupakan beberapa contoh surat permohonan kredit yang Baik.

Ads

Contoh Surat Permohonan Kredit ke Bank

Contoh Surat Permohonan Kredit ke Bank

SURAT PERMOHONAN

Hal : Permohonan Kredit

Yth.
Direktur PT. Bank Ayo Nabung
Jl. Cendrawasih Raya No. 1 Bandung

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama                          : Karto Susono
Nomor Rekening      : 3287841
Alamat                       : Komplek Bumi Gemerlap Jalan Kelinci 3 No. 10B Bandung 32071
No KTP                       : 2839726332999
Tempat/ Tgl Lahir   : Bandung, 4 April 1980
No Hp/ Telp              : 087629753441

Bersama ini saya sebagai pemilik rekening bank dengan nomor tersebut diatas mengajukan permohonan kredit sejumlah uang sebesar Rp. 15.000.000 (Lima Belas Juta Rupiah) yang akan dipergunakan untuk membayar uang semester kuliah anak saya di Universitas Indonesia Cerdas. Jangka waktu kredit yang saya ajukan adalah 6 (enam) bulan. Dan jika dalam jangka wktu yang telah ditentukn tersebut saya belum dapat membayar, saya siap menerima segala sanksi yang berlaku.

Demikian permohonan ini saya ajukan, atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

Bandung, 9 Oktober 2016

Pemohon,

Karto Susono

download format words


Contoh Surat Permohonan Kredit Motor

Bandung, 9 Oktober 2016

Perihal                 : Permohonan Kredit Motor
Lampiran            : 1 Berkas

Kepada
Pimpinan Merak Finance
Jalan Kusuma Bangsa 3 No. 4
Kota Bandung

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                    : Karto Suwiryo
Alamat                 : Jalan Melati Jingga VI No. 2 Kota Bandung
No. Telepon       : 09721782999

bermaksud untuk mengajukan permohonan kredit motor :
Merk/ Tipe                        : Honda New Beat 330
Warna                                  : Merah
Jangka Kredit                    : 24 Bulan

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

  1. Foto copy KTP
  2. Foto copy buku cicilan
  3. Fotokopi Rekening Koran Bank
  4. Foto copy pembayaran listrik
  5. Foto copy pembayaran air
  6. Foto Copy Slip Gaji

Demikian surat permohonan ini saya buat, besar harapan saya surat permohonan ini dapat dikabulkan oleh Bapak/ Ibu. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Karto Suwiryo

download format words


Contoh Surat Permohonan Kredit ke Perusahaan Modal

PT. SEGAR ALAM ABADI AUTOMOTIVE
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4  Jl. Raya  Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadiauto.com  Email: info@segaralamabadiauto.com

  

No                          : 104/DU/PU/X/2016
Lampiran            : –
Hal                       : Kredit Modal

Kepada
PT. Sukamaju Investama
Jl. Harian Bangsa Raya Km. 101 Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                    : Marwan Rustandi Anwar
No. KTP               : 52672777771
NIK                       : 42310
Jabatan                : Direktur Utama
Alamat                 : Jalan Jeruk Manis 3 No.10 Bandung

Menyatakan bahwa Pada Hari ini, Senin, Tanggal 10 (Sepuluh) Bulan Oktober Tahun 2016, saya meminjam uang sejumlah Rp. 1.500.000.000 (Satu Milyar Lima Ratus Juta Rupiah) selama 12 (Dua Belas) bulan atau setahun, atau yaitu sampai dengan 10 Oktober 2017 dengan tujuan untuk modal perusahaan, Kepada PT. Sukamaju Investama dengan alamat Jl. Harian Bangsa Raya Km. 101 Bandung.

Dan sebagai jaminannya adalah berup Sertifikat Kepemilikan Perusahaan  dan hanya bisa diambil jika kredit tersebut telah lunas dibayarkan. Dan apabila pihak kami terlambat dalam waktu yang ditentukan tersebut, maka akan ada denda yang harus dibayarkan dan akan ditentukan kemudian.

Demikian surat permohonan kredit ini saya buat tanpa ada paksaan dari Pihak manapun juga dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan dapat dipertanggungjawabkan. Mohon untuk segera dipertimbangkan. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/ Ibu pimpinan, saya ucapkan banyak terima kasih.

Bandung, 10 Agustus 2016

Hormat saya,

Marwan Rustandi Anwar

download format words


Perlu kita ketahui bahwa pada dasarnya surat permohonan kredit ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk tambahan modal usaha, berinvestasi dan lain-lain. Maka dari itu dalam surat permohonan kredit ini harus dicantumkan secara jelas tujuan penggunaan dari dana yang dipinjamkan tersebut agar surat permohonan yang kita buat ini dapat diterima dan dikabulkan.

Selain itu, penting juga untuk diperhatikan bahwa telah disebutkan bahwa dalam membuat surat permohonan harus lebih terperinci dan detail. Selain itu apabila permohonan tersebut dilakkan secara perorangan maka tidak diperlukan adanya kop surat, tetapi jika surat permohonan tersebut mengatasnamakan organisasi atau instansi maka adanya kop surat merupakan hal yang wajib ada dalam surat permohonan sesuai dengan tata naskah surat resmi.

Sekian mengenai contoh surat permohonan kredit dengan format profesional. Semoga dapat mejadi bahan referensi dalam membuat surat permohonan kredit yang baik dan benar.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 09th, October 2016 / 14:07 Oleh :
Kategori : Surat Permohonan