Sponsors Link

Contoh Surat Farewell Dalam Bahasa Indonesia

Surat farewell atau bisa juga disebut dengan surat perpisahan merupakan salah satu jenis surat yang termasuk ke dalam surat non formal. Kenapa non formal ? Karena surat ini termasuk kedalam surat pribadi dan bersifat personal yang di dalamnya tidak dibutuhkan kop surat, nomor surat ataupun cap basah. Bahasa yang digunakan pun dapat memakai bahasa tidak baku, sesuai dengan kebutuhan, tetapi tetap sopan. Surat farewell ini bisa ditujukan kepada atasan, sahabat, sanak keluarga atau rekan kerja.

Nah, berikut ini akan dicontohkan beberapa surat farewell untuk beberapa kebutuhan.

sponsored links

Contoh Surat Farewell untuk Organisasi

Contoh Surat Farewell untuk Organisasi

 

Jakarta, 20 April 2016

 

Dear teman teman seperjuangan di Egypt Art Club,

Tak terasa ya, sudah empat tahun kita bersama. Empat tahun sudah pula kita merintis club ini dari nol sampai sekarang yang sudah sebesar ini. Tetapi, perjuanganku di club ini sudah sampai disini aja. Aku harus pindah keluar kota yang tidak memungkinkan aku untuk masih turut mengurus klub ini. Ah, andai saja bisa, aku akan masih terus akan berjuang di club ini bersama kalian semua.

Kalian semua sudah seperti keluarga bagiku. Dan club ini sudah seperti rumah keduaku. Aku sangat senang bekerja sama bersama kalian untuk club ini. Kita semua disini sangat kompak dan hawa kekeluargaan yang sangat kental yang membuat aku selalu betah untuk terus bersama kalian.

Mohon maaf sebesar – besarnya jika aku pernah melakukan kesalahan pada kalian semua dan juga mohon maaf karena aku harus meninggalkan club ini. Jujur, ini pilihan yang sulit untukku. Dan terimakasih untuk kalian semua yang selalu mensupport dan selalu menjadi keluarga bagiku. Aku saying kalian semua.

Perpisahan ini bukanlah akhir dari silaturahmi kita. Kita masih bisa chat di grup line kita. Pokoknya keep in touch ya. Selalu tetap semangat untuk berjuang bersama, jangan pernah mengeluh dan tetap optimis ya!

 

Sincerely yours,

Diana Shafa

download format words


Contoh Surat Farewell untuk Rekan Kantor

Contoh Surat Farewell untuk Rekan Kantor

Bandung, 20 April 2016

 

Yth.
Bapak dan Ibu Pimpinan serta Rekan – rekan sejawat
PT. Rasa Asam Manis Bandung
Tidak terasa sudah 5 tahun saya lalui, tepatnya dari 19 April 2011, dan hari ini saya ingin mengucapkan salam perpisahan karena hari ini merupakan hari terakhir saya bekerja pada perusahaan ini sebagai Asisten Manager Unit Pemasaran.

Saya merasa senang dan sangat bangga telah bergabung dan menjadi bagian keluarga dari perusahaan ini. Disini saya banyak mendapatkan ilmu bermanfaat dan pengalaman yang luar biasa karena karir saya awalnya hanya menjadi staff biasa sampai pada akhirnya diangkat menjadi asisten manajer.

Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya yang sebesar – besarnya kepada semua Bapak Ibu apabila saya pernah melakukan hal – hal yang kurang berkenan atau tidak menyenangkan dan saya juga ingin menyampaikan ucapan terimakasih banyak atas dukungan dan perhatian serta bantuan yang telah diberikan kepada saya.

Semoga Bapak Ibu terus semakin sukses dan PT. Rasa Asam Manis Bandung ini semakin maju lagi. Selanjutnya semoga kita semua masih diberikan umur panjang dan bisa terus bersilaturahmi walaupun saya sudah tidak bekerja disini lagi.
Salam hangat,

Andira Dimitri

download format words


Contoh Surat Farewell untuk Sahabat

Contoh Surat Farewell untuk Sahabat

Jepang, 20 April 2016

Haruka sahabatku,
2 tahun sudah aku menginjakkan kaki di negeri sakura ini. Ijazah sekolah magister pun sudah di tangan. Kini tiba saatnya aku kembali ke negeriku tercinta, Indonesia.

Haruka sahabatku,
walau kita baru 2 tahun mengenal, aku sudah menganggap kamu sebagai bagian dari keluargaku, kamu yang selalu membantuku dari awal kedatanganku kesini. Terimakasih atas semua hal yang kamu lakukan padaku. Kamu orang yang sangat baik. Maaf jika aku pernah membuatmu kesal atau selalu membuatmu menunggu ketika aku harus pulang larut malam atau juga karena kata – kata menyakitkan hati yang pernah keluar dari mulutku. Maaf sekali. Aku tidak pernah bermaksud untuk menyakitimu atau membuatmu kesal.

Haruka, kepulanganku ke Indonesia tak lantas menjadi sebuah perpisahan abadi. Kita masih bisa bertatap muka via skype atau sekedar bersaling sapa via social media. Oiya, ini nomor hpku di Indonesia. 0892187667589. Aku harus mengganti provider hpku kembali karena takut roaming. Hehe. save ya!

Sekian surat dariku. Jaga diri baik-baik ya. Jangan sungkan untuk selalu bertegur sapa memberi kabar walau via dunia maya. Semoga kamu bisa cepat menyusulku untuk mendapatkan ijazah magistermu! Aku akan selalu mendukungmu.

 

Salam hangat,

Vania Anwar

 

download format words


Walaupun surat farewell termasuk jenis surat non formal, kita juga perlu memperhatikan tata bahasa yang digunakan agar orang yang dituju nyaman membaca surat kita. Tipsnya adalah sebagai berikut :

  • Menulis kata selamat tinggal didalam surat farewell tidak bisa sembarangan. Ingatlah kepada siapa surat itu ditujukan. Misalnya jika untuk sahabat, ucapan selamat tinggal biasanya tidak benar-benar berpisah, katakanlah mengenai waktu untuk bertemu kembali. Jangan sampai ucapan selamat tinggal malah menjadi suatu hal yang menyakiti perasaan orang yang dituju.
  • Tuliskan surat farewell dengan bahasa yang singkat,padat dan jelas. Jangan basa-basi. Apalagi jika surat tersebut ditujukan kepada atasan. Jangan sampai orang malah menjadi malas membacanya karena terlalu panjang.
  • Tulislah surat farewell secara spontan dengan apa yang ada didalam pikiran kita.
  • Perhatikan bahasa yang digunakan untuk siapa surat farewell tersebut ditujukan. Surat farewell untuk atasan tentunya akan berbeda dengan surat farewell untuk sahabat atau pacar.

Mudah bukan untuk membuat surat farewell ini?! Semoga tips beserta contoh surat farewell bisa menjadi bahan referensi untuk yang belum mengetahui surat farewell seperti apa dan juga bisa menambah pengetahuan mengenai surat farewell bagi yang belum mengetahui.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 11th, April 2016 / 17:00 Oleh :
Kategori : Surat Perpisahan