Sponsors Link

Contoh Surat Wasiat Dengan Notaris yang Benar

Pembagian harta warisan merupakan salah satu hal yang umum menjadi permasalahan dalam setiap keluarga, karena hal tersebut berhubungan dengan jenis dan jumlah harta yang akan diberikan kepada ahli waris. Jika jumlah sang ahli waris tidak lebih dari satu orang atau mungkin hanya terdiri atas dua orang saja, maka mungkin saja hal tersebut tidak akan menjadi sebuah permasalahan karena pembagian hartanya jelas. Namun apabila jumlah ahli waris yang ada cukup banyak misalkan terdiri atas lebih dari tiga atau empat orang ahli waris, maka bisa dipastikan hal tersebut akan menimbulkan sebuah permasalahan di dalam keluarga.

Jika semua ahli waris tersebut tidak terlalu menginginkan harta warisannya, maka hal tersebut mungkin tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Namun jarang kita menemukan kasus seperti itu, karena pasti akan ada saja seorang ahli waris yang akan menuntut untuk diberikan harta warisan yang lebih atau yang lebih layak. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut biasanya para orang tua akan membuat sebuah surat wasiat untuk menjelaskan pembagian harta warisannya. Dengan membuat surat wasiat harta warisan, maka harta warisan yang dimiliki oleh orang tua tersebut sudah dibagi secara merata dan adil oleh orang tua. Karena tidak mungkin suatu orang tua akan membeda-bedakan anaknya.

Dalam pembuatan surat wasiat biasanya seseorang akan membutuhkan bantuan seorang notaris. Notaris sebagai pejabat di bidang hukum diharapkan mampu menjadi mediator sekaligus memberikan kekuatan hukum dari surat wasiat yang akan dibuat sehingga jika suatu saat terjadi permasalahan maka surat wasiat tersebut dapat dipertanggungjawabkan di depan hukum. Surat wasiat yang dibuat dengan menggunakan bantuan seorang notaris disebut dengan surat wasiat dengan notaris. Adapun format surat wasiat dengan notaris secara umum terdiri atas :

  1. Judul surat
  2. Tanggal dan tempat pembuatan surat
  3. Identitas lengkap pemilik hak waris
  4. Jenis, bentuk, dan jumlah harta yang akan diwariskan
  5. Nama ahli waris beserta harta waris yang akan diterima setiap ahli waris
  6. Pejabat notaris beserta saksi-saksi
  7. Tanda tangan dan nama jelas pemberi hak waris beserta notaris dan saksi

Berikut kami lampirkan contoh surat wasiat dengan notaris yang dapat Anda jadikan referensi :

Contoh Surat Wasiat dengan Notaris Format Lengkap

Contoh Surat Wasiat dengan Notaris Format Lengkap

 

SURAT WASIAT

 

Saya yg bertanda tangan di bawah ini pada hari Kamis, tanggal tiga bulan januari tahun dua ribu Sembilan belas bertempat di Purwokerto adalah :

Nama                                       : Jumadi

Tempat / Tanggal Lahir           : Purwokerto/ 15 Agustus 1944
Alamat                                    : Jalan Pajajaran No 51
No. KTP                                  : 081234543278

Dengan ini menerangkan hal-hal sebagai berikut

  1. Bahwa Saya merupakan Pemilik yang sah atas obyek kekayaan sebagai berikut :
    1. Sebidang Tanah Hak Milik dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 169 atas nama Jumadi yang terletak di jalan Pajajaran no 51 Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Puwokerto, Provinsi Jawa Tengah.
    2. Sebuah rumah yang terletak di jalan Pajajaran no 51 Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Puwokerto, Provinsi Jawa Tengah dengan no Sertifikat   576
    3. Sebuah kendaraan roda empat dengan Merk Yamaha Tipe Revo Warna Hitam No. BPKB 189726245 No. STNK 1678906543
    4. Sebuah kendaraan roda dua dengan Merk Mio Warna Biru No. BPKB 1676353828 No. STNK 8272524276
  1. Bahwa harta kekayaan sebagaimana yang tersebut dalam poin no 1 di atas pada saat ini tidak sedang terlibat dalam sengketa hukum apapun.
  1. Bahwa harta kekayaan sebagaimana yang tersebut dalam poin no 1 di atas tidak sedang dijadikan sebagai jaminan jenis hutang apapun.
  1. Bahwa harta kekayaan sebagaimana yang tersebut dalam poin no 1 di atas, dimaksudkan untuk dihibahkan sebagai wasiat saya kepada nama-nama beserta bagiannya masing-masing yang saya cantumkan di bawah ini :
    1. Indra Setiawan, anak pertama (kandung), bagiannya berupa sebuah rumah yang terletak di jalan Pajajaran no 51 Kelurahan Sumberwetan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Puwokerto, Provinsi Jawa Tengah dengan no Sertifikat 576
    2. Sri Wahyuningtyas, anak kedua (kandung), bagiannya berupa sebuah kendaraan roda empat dengan Merk Yamaha Tipe Revo Warna Hitam No. BPKB 189726245 No. STNK 1678906543
    3. Indah Kusuma anak ketiga (kandung), bagiannya berupa sebuah kendaraan roda dua dengan Merk Mio Warna Biru No. BPKB 1676353828 No. STNK 8272524276
  1. Dan sebagai pelaksana surat wasiat ini, Saya menunjuk Indra Setiawan, anak pertama (kandung) saya. Kepadanya saya berikan hak untuk memegang dan mengurus seluruh harta peninggalan saya yang tercantum di atas sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
  1. Untuk melaksanakan surat ini, saya menitipkan surat wasiat ini kepada notaris Edi Sanjaya, S.H., Notaris di Purwokerto, kepadanya saya telah meminta dibuatkan akta penitipan atas surat wasiat ini.

Demikianlah surat wasiat ini saya buat, dengan disaksikan oleh saksi-saksi di bawah ini :

  1. Ahmad Junaedi, SP (Kepala Lurah)                        (tanda tangan)
  2. Suryanto (Ketua RT 003)                       (tanda tangan)
  3. Bambang Supeno (Ketua RW 05)                       (tanda tangan)

Yang berwasiat

Materai Rp. 6000-,

Jumadi

Notaris

Materai Rp. 6000-,

Edi Sanjaya, S.H.,

download format words

Demikian contoh Surat Wasiat dengan Notaris ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Thursday 03rd, January 2019 / 06:44 Oleh :
Kategori : Surat Keterangan