56 Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Surat pengunduran diri ini adalah surat yang penting untuk dibuat saat anda membuat keputusan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja. Surat ini perlu dibuat karena sudah berdasarkan aturan yang memang berlaku di perusahaan serta berguna untuk saling menjaga hubungan baik dengan perusahaan tempat bekerja.

Surat pengunduran diri adalah sebuah surat yang menerangkan atas ke-berhentian suatu sumber daya manusia atau karyawan tempat dimana ia bekerja. Surat ini digunakan sebagai bukti secara sah atas ketidak terlibatan sebuah orang atau nama, terhadap instansi yang sudah ditinggalkannya tersebut. Biasanya surat ini dibuat oleh individu/pemohon itu sendiri, yang ingin resign dari tempat kerjanya. Berikut adalah contoh surat pengunduran diri, semoga bermanfaat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan betul saat membuat surat pengunduran diri adalah

  • Kepala Surat (Dengan siapa ditujukan surat pengunduran diri)
  • Pembuka Surat (Beriki kata pembuka yang mendukung isi surat)
  • Isi Surat (Bagian penting dari surat karena menjelaskan maksud dan tujuan dari surat tersebut)
  • Penutup (Menutup dengan kata-kata sopan agar pesan yang disampaikan dalam surat dapat dipahami dengan baik)

Agar lebih mudah mengerti bagaimana cara membuat surat pengunduran diri kerja, berikut beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan terlihat professional:

  1. Format 1 : Untuk alasan ingin berkembang di perusahaan lain
  2. Format 2 : untuk alasan kepindahan keluarga
  3. Format 3 : Mengambil kesempatan berkarir di perusahaan lain.

sponsored links

Berikut adalah contoh yang dapat anda download :


Surat Pengunduran Diri Kerja Format 1

Surat Pengunduran diri kerja format 1

Jakarta, 20 Desember 2015

Perihal : Pengunduran Diri

 

Kepada Yth.
HRD Manager
PT Danone Setia Mandiri
Jl. Kembangan Selatan Blok 7-10, 11789. Jakarta Pusat
Indonesia

 

Dengan Hormat,

Bersama surat dan tanda tangan di bawah, saya:

Nama: Bambang Jatmiko, S. I.Kom
Jabatan: Senior Public Relations
NIK: DSM186579087

Menyatakan bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan Senior Public Relations di PT Danone Setia Mandiri terhitung sejak tanggal 20 Desember 2015.

Adapun alasan pengunduran diri yang saya ajukan kini adalah karena saya memutuskan untuk mengambil kesempatan yang diberikan dan ditawarkan oleh perusahaan lainnya. Keputusan ini sudah diambil setelah berpikir secara bijaksana dan berdiskusi dengan bagian HRD.

Pekerjaan yang menjadi tanggung jawab saya sebagai Senior Public Relations sebelum mengajukan surat pengunduran ini sudah diselesaikan seluruhnya dan diberikan kepada atasan perusahaan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Danone Setia Mandiri yang telah memberi saya kesempatan, pengalaman, dan pengetahuan selama kurang lebih 7 tahun saya bekerja. Selama saya bekerja di PT Danone Setia Mandiri seluruh staff sangat membantu pekerjaan saya. Oleh karena itu, saya ucapkan banyak terima kasih dan mohon maaf kepada seluruh staff PT Danone Setia Mandiri apabila ada hal-hal yang sifatnya kurang berkenan yang sudah saya lakukan selama bekerja.

Saya harap Senior Public Relations yang akan menggantikan saya di kemudian hari mempunyai performa kerja yang baik sehingga dapat mempertahankan citra perusahaan di mata publik tetap bersifat positif. Semoga PT Danone Setia Mandiri tetap maju dan sukses. Amin.

Demikian surat pengunduran diri ini yang saya sampaikan dan mohon untuk dapat dimaklumi. Terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

 

Bambang Jatmiko, S. I.kom
Senior Public Relations, DSM186579087

Preview & Download

download format words


Surat Pengunduran Diri Kerja Format 2

Surat Pengunduran diri kerja format 2

Jakarta, 10 Mei 2013

 

Perihal : Pengajuan Pengunduran diri

 

Kepada Yth,

Senior HRD PT Intan Permata Lokal

Jl. Bintang Gemilang 08/10 No. 117, 18970.

Jakarta Selatan

Indonesia

 

Dengan Hormat,

 

Melalui surat ini saya selaku staff karyawan PT Intan Permata Lokal berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama mengenai Karyawan dan Undang-Undang Tenaga kerja maka sayang yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama: Leonardo Surya Mahagita

Departemen: Public Relations

Jabatan: Junior Public Relations

No. Karyawan: 678567IPL

 

Mengajukan pengunduran diri dari PT Intan Permata Lokal dengan alasan kepindahan keluarga saya ke daerah Sumatera Barat. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan antara karyawan dengan perusahaan tanpa disertai adanya motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat menerima dan memahami keputusan yang sudah saya buat dan dapat memberikan hak-hak yang sudah tertera di Surat Kesepakatan Bersama sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dan saya ingin mengucapkan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh staff PT Intan Permata Lokal yang selama ini telah memberikan bantuan dan dukungan.

 

 

Hormat saya,

 

 

 

(Leonardo Surya Mahagita)

Preview & Download

download format words


Surat Pengunduran Diri Kerja Format 3

Surat Pengunduran diri kerja format 3

Malang, 10 Januari 2014

 

Kepada Yth
Pimpinan HRD PT Jaya Terus Bersinar
Jl. Rawa Belong Selatan RT 18 RW 03 No. 154, 11765.
Jakarta Timur
Indonesia

 

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya:

Nama: Mario Wijaya, S.Kom
Jabatan: IT Specialist
Tanggal Masuk : 13-03-2001

Secara resmi memutuskan untuk mengajukan surat pengunduran diri sebagai staff IT specialist di PT Jaya Terus Bersinar terhitung mulai: 10 Maret 2014. Saya mengundurkan diri karena adanya kesempatan yang ditawarkan oleh perusahaan lain yang saya nilai dapat lebih mengembangkan kemampuan dan pekerjaan saya di bidang IT.

Dengan ini juga saya mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas kesempatan yang sudah diberikan selama kurang lebih 3 tahun untuk belajar dan bekerja di PT Jaya Terus Bersinar.

Melalui surat pengajuan diri ini, saya Mario Wijaya juga ingin menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh staff serta jajaran IT apabila selama saya bekerja di PT Jaya Terus Bersinar melakukan hal-hal yang kurang berkenan.

 

Hormat Saya,

 

Mario Wijaya, S.Kom
IT Specialist

Preview & Download

download format words

Surat Pengunduran Diri Kerja Format 4
Surat Pengunduran diri kerja programmer

SURAT PENGUNDURAN DIRI

 Jakarta, 28 Mei 2015

No          : 123/IX/89/01/2015
Perihal  : Pengunduran Diri

Yth.
Kepada Bpk/Ibu Personalia
Di Tempat

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri dari profesi/jabatan yang saat ini sedang berjalan pada PT Budi Luhur, dikarenakan ada akan pindah ke luar kota mengikuti keluarga besar dan akan menetap di sana. Berikut data diri saya.

Nama                    : Suji Sujiman
Jabatan                 : Programmer
Alamat                  : Jln. Perjuangan Barat IV no 77 Kebon Jeruk, Jakarta Barat
No Telepon            : 081900990291/0219899212

Apabila Berkenan, semoga Bapak/Ibu dapat meng ACC permohonan pengunduran diri saya ini mengingat adanya kepentingan keluarga mendadak diluar kota. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan Terima Kasih.

 

Hormat Saya

 

Suji Sujiman

Preview & Download

download format words


Ads

Format Umum Surat Pengunduran Diri

Format umum surat pengunduran diri biasanya terdiri atas:

  • Tujuan surat pengunduran diri diajukan
  • Identitas yang akan mengajukan pengunduran diri
  • Pernyataan dan alasan ingin mengundurkan diri
  • Kalimat penutu
  • Tembusan jika diperlukan

Etika Pengajuan Surat Pengunduran Diri

Untuk mengajukan surat pengunduran diri tentu harus memerhatikan banyak hal karena kita pun harus mematuhi aturan-aturan yang berlaku di perusahaan. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah adanya konflik dan catatan negatif saat kita keluar dari perusahaan.

Berikut hal yang harus diperhatikan saat mengajukan surat pengunduran diri:


Pengajuan Surat Pengunduran Diri Jangan Mendadak

Jangan pernah melakukan pengajuan surat pengunduran diri mendadak kecuali disebabkan oleh hal-hal yang sifatnya tidak bisa diantisipasi seperti kesehatan misalnya. Baiknya surat pengajuan diri diberikan tiga atau 4 minggu sebelum tanggal keluar dari perusahaan. Rentang waktu yang cukup lama ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencari pengganti karyawan yang nantinya akan resign.


Exit Interview

Exit interview kini sudah banyak dilakukan perusahaan setelah karyawan mengajukan pengunduran diri. Umumnya HRD perusahaan akan menanyakan secara langsung mengapa kita memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Jawablah dengan bijak dan professional dan hindari menjawab pertanyaan dengan meremehkan perusahaan misalnya.


Tidak Menggunakan Bahasa yang Tidak Bertele-Tele

Jangan gunakan bahasa yang bertele-tele dalam membuat surat pengajuan diri. Cukup gunakan seperlunya dan jangan lupa untuk menyebutkan secara singkat hak-hak anda yang ada dalam surat kontrak.


Memberikan Kesan Baik Terhadap Perusahaan

Walaupun surat pengajuan diri anda telah disetujui dalam rentang waktu yang tersisa di perusahaan tetap berikanlah kesan yang baik seperti tetap bekerja secara maksimal dan apabila mempunyai rekomendasi pengganti anda, tidak ada salahnya untuk memberikan informasi kepada bagian HRD.


Bagian-Bagian Isi Surat Pengunduran Diri

Untuk membuat surat pengunduran diri kita tidak boleh asal-asalan karena surat pengunduran diri itu sendiri sifatnya formal dan harus terlihat professional di mata perusahaan agar saat kita keluar tetap memiliki catatan yang bersifat positif. Berikut bagian-bagian isi surat yang harus diperhatikan secara teliti:

  1. Pendahuluan. Bagian pendahuluan dalam surat pengunduran diri kerja memuat maksud dan tujuan mengirim surat.
  2. Isi Surat. Bagian isi di dalam surat pengunduran diri umumnya diisi dengan menjelaskan mengapa kita memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Jelaskan secara singkat namun cukup detail apakah kepindahan itu karena ada tawaran kerja di perusahaan lain yang lebih baik, alasan kesehatan seperti sakit, atau pindah tempat tinggal misalnya. Walaupun kita berhak untuk menjelaskan mengapa kita memutuskan keluar dari perusahaan sebaiknya tetap bersikap bijak dengan tidak menjelek-jelekkan kualitas perusahaan, staff, ataupun atasan di lingkungan kerja. Cukup membuat alasan yang jelas dan bisa dimengerti oleh pihak perusahaan.
  3. Penutup. Penutup di surat pengunduran diri bisa kita isi dengan kesan pesan positif selama kita bekerja di perusahaan. Selain itu perlu juga untuk mengucapkan rasa terima kasih atas kesempatan dan pelajaran yang kita dapat saat masih bekerja di perusahaan dan meminta maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan saat kita masih bekerja.

Alasan Pengunduran Diri

Saat membuat surat pengunduran diri tentu kita mempunyai alasan masing-masing yang melatar belakangi kita. Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab seseorang mengajukan surat pengunduran diri:


A. Tidak Mendapat Kenaikan Jabatan

Apabila sudah mengabdi bertahun-tahun terhadap perusahaan namun tidak kunjung juga mendapatkan promosi untuk naik jabatan padahal sudah bekerja secara optimal tentu membuat orang menjadi kesal dan memutuskan untuk mencari tempat baru yang sekiranya dapat mengapresiasi hasil kerjanya. Kenaikan jabatan dalam karir itu sangat penting karena secara tidak langsung sangat berpengaruh terhadap besarnya gaji setiap bulan dan tunjangan apa saja yang bisa didapatkan.


B. Muncul Titik Jenuh

Bertahun-tahun bekerja di perusahaan dan bidang yang sama tentunya cepat lambat akan membuat orang tersebut merasakan jenuh. Orang tersebut merasakan jenuh kebanyakan karena merasa bahwa pekerjaannya bukan lagi sebuah tantangan melainkan sebuah rutinitas. Oleh karena itu, banyak yang memutuskan untuk resign karena bekerja dengan kondisi seperti ini akan membuat hasil kerja kita tidak optimal.


C. Lingkungan Pekerjaan

Lingkungan pekerjaan sangat berpengaruh terhadap hasil apa yang kita kerjakan. Apabila kita bekerja dalam lingkungan yang penuh tekanan tentu akan membuat kita lebih cepat stress dan membuat kita tidak merasa nyaman. Banyak orang yang memutuskan untuk resign kebanyakan karena memiliki atasan yang seharusnya membuat suasana kantor menjadi nyaman namun penuh tekanan.


D. Gaji Kecil

Gaji sangat vital dalam dunia pekerjaan karena selayaknya seorang pekerja harus menerima gaji yang sesuai dengan skill dan apa yang menjadi pekerjaannya. Apabila anda terjebak dalam situasi dimana job desc yang diberikan sangat banyak namun gaji anda kecil, sebaiknya segera mencari tempat baru yang dapat memberikan penawaran gaji yang lebih besar untuk anda.


Cara Mengundurkan Diri dari Perusahaan Secara Professional

Untuk mengundurkan diri selain membuat surat pengunduran dengan baik yang nantinya akan kalian ajukan ke bagian HRD  ada banyak hal yang harus diperhatikan agar saat anda mengundurkan diri tetap terlihat sebagai seorang yang professional di dunia kerja. Berikut ini ulasannya:


Melakukan Komunikasi dengan Atasan

Sebelum mengajukan surat pengunduran diri kepada bagian HRD di kantor hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan komunikasi dengan atasan. Beritahu alasan yang membuat diri anda ingin keluar dari perusahaan tersebut dan pastikan atasan anda adalah orang pertama di perusahaan yang mengetahui. Hal ini penting untuk tetap menjaga hubungan baik antara anda dengan atasan anda saat sudah keluar dari perusahaan,


Beritahu Pengunduran Diri dari Jauh Hari

Pengunduran diri yang mendadak akan membuat semua orang di perusahaan akan kerepotan. Oleh karena itu, beritahu pengunduran diri dari jauh-jauh hari agar perusahaan mempunyai tenggang waktu untuk mencari orang yang akan menggantikan anda di perusahaan.


Totalitas Bekerja

Totalitas bekerja tidak boleh surut walaupun surat pengunduran diri anda sudah disetujui. Alih-alih bekerja secara asal-asalan  di waktu terakhir-terakhir justru anda seharusnya harus bekerja sebaik mungkin untuk meninggalkan kesan yang positif saat anda sudah keluar dari perusahaan nanti.


Kontrol Bicara

Kontrol bicara anda saat sedang bekerja dalam perusahaan sekalipun dalam waktu dekat anda akan resign. Jangan pernah menjelek-jelekkan perusahaan ataupun atasan karena ini tidak akan membawa untung sama sekali dan hanya membuat sakit hati banyak pihak.


Mengembalikan Semua Properti Kantor

Jika saat anda bekerja di perusahaan sudah menerima pinjaman berbagai properti seperti laptop atau kendaraan seperti motor atau mobil, kembalikan jauh-jauh hari sebelum anda keluar dari perusahaan.


Mematuhi Etika dan Peraturan Kantor

Saat sudah keluar dari perusahaan, anda tetap harus mematuhi etika dan peraturan kantor seperti tetap menjaga rahasia perusahaan selain ini adalah bagian dari etika, dengan seperti ini anda tetap terlihat sebagai sebuah karyawan atau staff yang professional.


Berpamitan

Sebelum hari terakhir anda berada di kantor tiba sudah seharusnya anda berpamitan terhadap seluruh karyawan dan staff yang selama ini terlibat langsung dan bekerja sama di kantor bersama anda. Bisa lewat e-mail atau secara langsung mengucapkan terima kasih atas pelajaran dan kesempatan yang diberikan sudah cukup.


Berpamit dengan Klien

Berpamit dengan klien adalah salah satu hal yang seringkali lupa untuk dilakukan namun sebenarnya sangat vital. Beritahu klien bahwa anda akan resign dari perusahaan dan apabila sudah ada pengganti tidak ada salahnya untuk mengenalkannya terhadap klien agar transisi pekerjaan menjadi lebih mudah dan smooth.


Jaga Hubungan Baik dengan Atasan atau Karyawan lainnya

Networking sangat penting dalam dunia kerja sehingga tetaplah menjaga hubungan baik dengan atasan dan karyawan lainnya di kantor lama anda karena tidak menutup kemungkinan di masa depan anda  bisa melakukan kerja sama kembali.


Ingat, anda harus sopan dalam mengajukan pengunduran diri, suatu saat bukan tidak mungkin anda akan membutuhkan koneksi pada perusahaan lama anda. Pengunduran diri secara baik baik sangat di anjurkan untuk anda.

Direktori Contoh Surat Pengunduran Diri

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 04th, March 2015 / 00:50 Oleh :