Sponsors Link

Contoh Surat Resign Habis Kontrak pada Berbagai Posisi

Kontrak kerja mengatur suatu perjanjian antara pekerja dan pemberi kerja dalam waktu tertentu maupun waktu tidak tertentu yang dibuat secara lisan dan atau tulisan. Kontrak kerja ini biasanya diberikan saat seseorang telah diterima untuk bekerja pada perusahaan di mana ia melamar pekerjaan.

Dalam kontrak kerja, termuat beberapa hal, salah satunya adalah awal dimulainya kerja dan jangka waktu berlakunya perjanjian kerja. Pada bagian ini dicantumkan tanggal batas berakhirnya perjanjian kerja antara pekerja dan pihak perusahaan.

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) merupakan salah satu jenis perjanjian kerja, di mana pekerjanya sering disebut sebagai karyawan kontrak. Pada jenis perjanjian ini, pekerja dan pengusaha mengadakan hubungan kerja dalam waktu tertentu atau jenis pekerjaan tertentu.

Ketika masa kontrak berakhir, akan ada beberapa pilihan yang mungkin terjadi. Salah satunya adalah pilihan untuk memperpanjang kontrak atau tidak. Pada umumnya pilihan ini berada di pihak pengusaha untuk memutuskan sesuai kondisi pekerjaan dan pertimbangan penilaian pekerja.

Namun, pada kenyataannya, ada juga pihak pekerja yang memilih untuk tidak melanjutkan masa kerja ke kontrak berikutnya. Artinya, pada saat masa kontrak yang sedang berlaku akan berakhir, pekerja justru memilih resign.

Pengunduran diri pekerja untuk berhenti bekerja sesuai masa berkahirnya kontrak bisa disebabkan banyak faktor, baik dari segi kekurangan dan kelebihan pekerjaan dan segala pendukungnya maupun disebabkan oleh faktor internal pekerja sendiri, misalnya perpindahan domisili sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja di tempat yang sama.

Beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam surat resign karena telah habisnya masa kontrak pekerja adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan Surat

Surat Resign ini ditujukan kepada departemen sumber daya manusia di perusahaan tempat bekerja. Bagian HRD akan melakukan fungsi dokumentasi untuk membuat pembaruan data pada sistem informasi sumber daya manusia terkait data pekerja yang akan resign.

  1. Identitas Diri Pekerja

Cantumkan dengan jelas nama, jabatan, dan nomor pegawai (jika ada). Isilah dengan lengkap dan jelas untuk menghindari data rancu atau ambiguitas pada data pekerja.

  1. Isi Surat

Bagian ini memuat maksud dibuatnya surat. Tuliskan bahwa Anda bermaksud untuk tidak mempebarui atau memperpanjang masa kerja dengan kontrak baru. Cantumkan tanggal periode berakhirnya masa kontrak yang sedang berlaku sebagai batas akhir tanggal Anda bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Tanda Tangan

Seperti halnya surat kontrak yang ditanda tangani pada awal masa kerja, begitu pula dengan surat resign. Bubuhkan tanda tangan dan nama jelas Anda.

 

Ads

Berikut beberapa Contoh Surat Resign Habis Kontrak pada Berbagai Posisi


Contoh Surat Resign Habis Kontrak sebagai Pegawai Honorer

Contoh Surat Resign Habis Kontrak sebagai Pegawai Honorer

 

Garut, 11 April 2019

Yth. Bapak dr. Andar Ismandar, M.Pd

Kepala Sekolah

SDN 63 Pananjakan, Kabupaten Garut

Di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           :  Bobby Harun, S.Hum.

Tempat, tanggal lahir     :  Garut, 24 Februari 1989

Jabatan                         :  Guru Honorer Bahasa Indonesia

Bersama surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk tidak memperpanjang masa kontrak yang akan berakhir pada tanggal 25 April 2019 mendatang dari jabatan saya sebagai Guru Honorer Bahasa Indonesia di SDN 63 Pananjakan, Kabupaten Garut dikarenakan saya akan melanjutkan studi paska-sarjana di kota Malang, Jawa Timur.

Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran SDN 63 Pananjakan atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk berdedikasi di sekolah dasar ini, serta memohon maaf apabila ada kesalahan selama saya mengajar, baik disengaja ataupun tidak.

Semoga SDN 63 Pananjakan akan terus memberikan sumbangsih dan dedikasi kepada dunia pendidikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Bobby Harun, S.Hum.

download format words

 


Contoh Surat Resign Habis Kontrak sebagai Customer Service

Contoh Surat Resign Habis Kontrak sebagai Customer Service

 

Garut, 11 April 2019

Kepada Yth.

Kepala Human Resource Department

PT. Global Fajar Galunggung

Di tempat

 

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           :  Devia Anggrina

Tempat, tanggal lahir     :  Garut, 13 Maret 1993

Jabatan                         :  Customer Service Officer

No. Induk Pegawai       :  CS03676

Bersama surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan untuk tidak memperpanjang masa kontrak yang akan berakhir pada tanggal 16 April 2019 dari posisi saya sebagai Customer Service Officer di PT. Global Fajar Galunggung dikarenakan saya akan menikah dan berpindah domisili ke provinsi Jawa Timur.

Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran PT. Global Fajar Galunggung atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan ini, serta memohon maaf apabila ada kesalahan selama bekerja, baik disengaja ataupun tidak.

Semoga PT. Global Fajar Galunggung akan terus maju dan berkembang. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Devia Anggrina

download format words

 

 

Demikian beberapa Contoh Surat Resign Habis Kontrak pada Berbagai Posisi. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mengajukan permohonan resign kerja.

Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

 

, , , ,
Post Date: Friday 12th, April 2019 / 02:45 Oleh :