Sponsors Link

Contoh Surat Ahli Waris Untuk Bank Yang Baik dan Benar

Di zaman yang semakin modern, hampir tidak ada lagi orang yang menyimpan uangnya di celengan ataupun di laci lemari. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa menabung uang mereka di bank. Selain lebih aman, menabung di bank lebih mudah untuk diambil dan menabung kembali.

Namun bagaimana jika si pemilik tabungan telah meninggal dunia? Apakah tabungannya  akan hangus begitu saja? Tentu tidak. Tabungan almarhum dapat diwariskan ke anak-anak, istri/suami, maupun keluarga yang lain. Baik itu tabungan dalam bentuk gaji pensiun, tabungan haji, maupun tabungan biasa.

Namun, sebelum mengambil tabungan almarhum, ahli waris harus mengajukan surat ahli waris untuk bank sebagai bentuk permohonan izin kepada pihak bank agar mencairkan tabungan almarhum sebagai warisan untuk ahli warisnya. Surat ahli waris untuk bank bisa kita buat sendiri atau sudah disediakan oleh pihak bank.

Surat ahli waris untuk bank termasuk ke dalam jenis surat kuasa. Karena adanya pelimpahan kuasa dari seluruh ahli waris kepada salah satu ahli waris yang ditunjuk untuk mengambil tabungan almarhum.

Saat ingin mencairkan tabungan almarhum, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu :

  1. Buku tabungan almarhum
  2. KTP asli dan foto copy almarhum
  3. Surat kematian dari Kepala Desa atau Camat
  4. Foto copy KTP seluruh ahli waris
  5. KTP asli pengambil

Berikut kami telah menyediakan contoh-contoh surat ahli waris untuk bank yang baik dan benar sebagai referensi untuk anda. Contoh-contoh surat ini dapat anda download secara gratis tanpa harus daftar terlebih dahulu.

Ads

Contoh Surat Ahli Waris Untuk Bank BRI sebagai referensi

Contoh Surat Ahli Waris Untuk Bank BRI sebagai referensi

SURAT KUASA AHLI WARIS

Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah ahli waris yang sah dari almarhum Paruhuman Lubis yang meninggal dunia pada tanggal 17 Juli 2018 di Kecamatan Medan Tembung Kota Medan berdasarkan surat kematian dari Camat No. 1234/XXI/2018.

Dengan ini kami menyatakan dengan sebenarnya bahwa hubungan kami dengan almarhum Paruhuman Lubis adalah sebagai berikut :

  1. Emi Wardani (istri)
  2. Putri Adella Lubis (anak)
  3. Novia Inggit Lubis (anak)
  4. Aura Pinkan Lubis (anak)
  5. Adam Karim (anak)

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk mengambil simpanan almarhum dengan nomor rekening 615436777787 atas nama Paruhuman Lubis sebesar Rp. 570.000.000 (Lima Ratus Tujuh Puluh Juta Rupiah) di Bank BRI. Yang ditunjuk untuk mengambil simpanan serta menandatangani formulir yang diperlukan , kami sepakat menunjuk atau memberikan kuasa kepada salah seorang ahli waris tersebut di atas yaitu Putri Adella Lubis, anak pertama almarhum Paruhuman Lubis.

Mengetahui, Medan, 19 Oktober 2018
Camat Medan Perjuangan

(Suherman Zubaidi)

Yang Memberi Kuasa :

1.

Materai 6000

Emi Wardani (istri)

2.                             Novia Inggit Lubis (anak)

3.                             Aura Pinkan Lubis  (anak)

4.                             M. Adam Karim (anak)

Yang Diberi Kuasa,

(Putri Adella Lubis)

download format words


Contoh Surat Ahli Waris Untuk Bank BCA sebagai referensi

Contoh Surat Ahli Waris Untuk Bank BCA sebagai referensi

SURAT KUASA AHLI WARIS

Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah ahli waris yang sah dari almarhumah Aisyah Suryaningsih yang meninggal dunia pada tanggal 20 Juni 2015 di Dusun I Desa Tanjung Sari berdasarkan surat kematian dari Kepala Desa No. 212/XIV/2016.

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa hubungan kami dengan almarhumah Aisyah Suryaningsih adalah sebagai berikut :

  1. Fadli Fahriza (suami)
  2. Angga Gunawan (anak)
  3. Arkan Suhail (anak)
  4. Putra Erlangga (anak)

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya untuk mengambil simpanan almarhumah dengan nomor rekening 675346278723 atas nama Aisyah Suryaningsih sebesar Rp. 350.000.000 (Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah) di Bank BCA. Yang ditunjuk untuk mengambil simpanan serta menandatangani formulir yang diperlukan, kami sepakat menunjuk atau memberikan kuasa kepada salah seorang ahli waris tersebut di atas yaitu Fadli Fahriza, suami almarhumah Aisyah Suryaningsih.

Mengetahui, Medan, 26 November 2015
Kepala Desa

(Tatang Sutarja)

Yang Memberi Kuasa :

1.

Materai 6000

Angga Gunawan (anak)

2.                            Arkan Suhail (anak)

3.                            Putra Erlangga  (anak)

Yang Diberi Kuasa,

(Fadli Fahriza)

download format words


Jika anda sudah memenuhi seluruh persyaratan dan membuat surat kuasa ahli waris, maka pihak bank akan segera mencairkan tabungan almarhum/almarhumah secepat mungkin.

Itulah contoh-contoh surat ahli waris untuk bank yang baik dan benar sebagai referensi untuk anda yang dapat anda download secara gratis tanpa harus daftar terlebih dahulu.

Jika ada kesalahan dalam penulisan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga artikel kali ini dapat membantu anda dalam memahami surat ahli waris untuk bank. Terimakasih.

, , , ,
Post Date: Thursday 06th, December 2018 / 02:06 Oleh :
Kategori : Surat Kuasa