Sponsors Link

Contoh Surat Bantuan Zakat dari Berbagai Lembaga

Zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim apabila telah memenuhi syarat-syarat tertentu dan disalurkan kepada golongan-golongan tertentu yang telah diatur dalam islam. Sebagai seorang muslim, perlu kita sadari bahwa harta dan kekayaan yang kita miliki tidak sepenuhnya adalah milik kita pribadi, tetapi ada sebagian dari harta kita yang merupakan hak orang lain, sehingga perlu dikeluarkan. Zakat hukumnya wajib untuk ditunaikan karena termasuk dalam salah satu rukun islam yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW.

Zakat memiliki berbagai keutamaan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh umat-Nya yang menunaikan. Zakat dapat membersihkan dan mensucikan harta yang kita miliki. Selain itu menunaikan zakat juga termasuk salah satu sifat orang-orang yang bertaqwa. Zakat juga tidak akan mengurangi rezeki dari seseorang, bahkan akan dilapangkan dan diluaskan rezekinya.

Zakat dapat dibayarkan secara pribadi atau melalui lembaga-lembaga penyaluran zakat. Setiap tahun, hampir sering kita menjumpai bahwa terdapat masjid-masjid atau lembaga resmi agama yang menawarkan jasa untuk menyalurkan zakat. Biasanya lembaga-lembaga tersebut akan mengirimkan surat edaran yang berisikan penawaran bantuan untuk menyalurkan zakat. Surat ini kemudian disebut dengan surat bantuan zakat.

Surat bantuan zakat dapat dibuat oleh pribadi, kelompok, ataupun lembaga resmi. Adapun isi pokok dari surat bantuan zakat adalah penawaran bantuan untuk menyalurkan zakat kepada pihak yang membutuhkan. Secara rinci, format surat bantuan zakat dapat dijabarkan dalam poin-poin sebagai berikut :

  1. Kop surat
  2. Tanggal dan tempat pembuatan surat
  3. Nomor surat
  4. Perihal surat
  5. Salam pembuka
  6. Kalimat pujian dan sholawat
  7. Maksud dan tujuan surat
  8. Jangka waktu penyaluran zakat
  9. Tempat penyaluran zakat
  10. Pihak penyalur zakat
  11. Penutup
  12. Tanda tangan dan nama jelas

Berikut merupakan contoh surat bantuan zakat yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga sebagai referensi bagi Anda yang membutuhkan cara pembuatan surat bantuan zakat yang baik dan benar.

Contoh Surat Bantuan Zakat dari Mushola

Contoh Surat Bantuan Zakat dari Mushola

TAKMIR MUSHOLA BAITUL YAQIN

RW 010 Lingkungan Sumber Wetan

CP : 0852233767545 (Agus)

 

Jakarta, 12 Juni 2018

Perihal : Permohonan Bantuan Zakat, Infaq, dan Shadaqah

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu/Saudara Herman Siregar  

di

tempat

Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua, Sholawat beserta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya.

Selanjutnya, dengan ini kami sampaikan bahwa kami dari Panitia Penerima dan Penyalur Zakat, Infaq, dan Shadaqah Mushola Baitul Yaqin siap menerima dan menyalurkan bantuan dari instansi pemerintah, swasta, dan muhsinin. Bantuan tersebut akan kami salurkan kepada mereka yang berhak menerimanya, yaitu masyarakatt fakir dan miskin di lingkungan mushola kami.

Kami berkeyakinan bahwa program ini akan sukses dengan bantuan dan uluran tangan dari Bapak/Ibu. Untuk itu kami selaku pengurus memberanikan diri untuk mengajukan permohonan bantuan Zakat, Infaq, dan shadaqah yang Bapak/Ibu keluarkan atau kelola. Penyaluran dapat dilakukan sejak tanggal 15 Juni – 13 Juli 2018 bertempat di Masjid Baitul Yaqin dengan narahubung Takmir Agus (0852233767545).

Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas bantuan Bapak/Ibu kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

TAKMIR MASJID BAITUL YAQIN

download format words

Contoh Surat Bantuan Zakat dari Pondok Pesantren

Contoh Surat Bantuan Zakat dari Pondok Pesantren

YAYASAN PANTI ASUHAN DAN PONDOK PESANTREN

AL IRSYAD

Desa Kedondong, kecamatan Wedang Kulon, Kab. Kediri 14256

Kontak : 082356789654 (Ali)

 

Kediri, 16 Maret 2017

Nomor             : 25/Al-Irsyad/III/2017

Lamp.              : –

Perihal             : Permohonan Bantuan Zakat Mal

Kepada Yth.

Takmir Masjid Nur Ikhlas

di

Kediri

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah-limpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam-, keluarga, beserta sahabatnya, tabi’in, tabi’it tabi’in, dan kepada seluruh umatnya yang senantiasa mengikuti ajarannya hingga akhir zaman.

Dalam rangka meningkatkan amalan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1438H, kami selaku pengurus Panti Asuhan Yayasan Al-Isryad, Kecamatan Wedang Kulon, Kabupaten Kediri mengajak Bapak/Ibu/Saudara/i/Instansi pemerintah/swasta serta kaum muslimin dan muslimat pada umumnya untuk melaksanakan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS).

Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami memohon sudilah kiranya Bapak/Ibu/Saudara/i dan kaum muslimin pada umumnya untuk berkenan menyalurkan zakat mal kepada Panti Asuhan yang kami kelola.

Besar harapan kami atas terkabulnya permohonan ini, atas perhatian dan partisipasinya, dihaturkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sekertaris

Siti Aisyah

Ketua Pelaksana

Ahmad Sulaiman

Mengetahui,

Ketua Yayasan Al-Irsyad

H. Ali Mustaqin

download format words

Contoh Surat Bantuan Zakat ke Lembaga Amil Zakat

Contoh Surat Bantuan Zakat ke Lembaga Amil Zakat

TAKMIR MASJID NUR IKHLAS

RW 009 Lingkungan Sumber Kasih

CP : 08123464589 (Sigit)

 

Purwokerto, 19 November 2018

Kepada Yth.

Lembaga Amil Zakat (LAZ)

di

Purwokerto

Perihal : Permohonan Bantuan Zakat

 

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dengan hormat,

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah-limpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam-, keluarga, beserta sahabatnya, tabi’in, tabi’it tabi’in, dan kepada seluruh umatnya yang senantiasa mengikuti ajarannya hingga akhir zaman.

Sehubungan dengan adanya rencana pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, takmir masjid Nur Ikhlas bermaksud untuk menyalurkan zakat kepada warga masyarakat desa Sumber Kasih mencakup wilayah RT 03 dan RT 04 / RW 9 yang termasuk kategori fakir dan miskin. Kami selaku panitia memohon sudilah kiranya Bapak/Ibu/Saudara/i dan kaum muslimin dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk berkenan memberikan bantuan zakat kepada warga masyarakat kami.

Demikian surat permohonan bantuan ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih. Semoga amalan serta ibadah kita senantiasa diterima oleh Allah SWT. Amin.

Wassalamu’alikum Wr. Wb

TAKMIR MASJID NUR IKHLAS

download format words

Demikian contoh Surat Bantuan Zakat ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Friday 11th, January 2019 / 09:23 Oleh :
Kategori : Surat Permohonan