Sponsors Link

Contoh Surat Lamaran Kerja dari Iklan yang Benar

Surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk mengajukan lamaran pekerjaan dalam rangka mengisi posisi lowongan yang sedang kosong di perusahaan tertentu. Surat lamaran kerja menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon pelamar untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Surat lamaran kerja menjadi sebuah surat pengantar sekaligus media promosi pribadi agar seseorang dapat diterima oleh perusahaan terkait. Surat lamaran kerja yang baik dan benar mencakup beberapa informasi lengkap seperti perkenalan diri, riwayat pendidikan, pengalaman pekerjaan, hingga kemampuan/skill yang dimiliki.

Dalam menyusun surat lamaran pekerjaan, seseorang harus memperhatikan posisi dan bidang pekerjaan yang akan dilamar. Selain itu seseorang juga harus memahami dengan betul gambaran usaha serta profil perusahaan yang akan dilamar. Biasanya seseorang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari berbagai media melalui iklan, seperti iklan di surat kabar dan internet. Sumber iklan dari lowongan yang Anda dapatkan sebaiknya dicantumkan dalam surat lamaran kerja sehingga pihak HRD dapat mengetahui darimana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan.

Adapun format secara ringkas surat lamaran kerja dari iklan dapat dijabarkan dalam poin-poin sebagai berikut :

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Tujuan penerima surat (Kepala HRD PT. Astra International Tbk – lebih baik jika disertai nama)
  3. Perkenalan singkat
  4. Maksud dan tujuan pembuatan surat
  5. Sumber informasi/sumber iklan lowongan pekerjaan
  6. Alasan ingin melamar posisi tersebut di perusahaan Astra
  7. Biodata pribadi (Nama, Alamat, No HP, Tempat tanggal lahir, Pendidikan terakhir, email)
  8. Riwayat pendidikan
  9. Pengalaman pekerjaan
  10. Pengalaman organisasi dan riwayat prestasi (jika masih freshgraduate)
  11. Kelebihan/kemampuan yang dimiliki
  12. Penutup
  13. Tanda tangan dan nama jelas

Surat lamaran kerja sebaiknya dibuat dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan peluang dipanggil interview. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sekaligus menjadi tips untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kami berikan untuk membuat surat lamaran kerja yang profesional :

  1. Surat lamaran kerja sebaiknya dibuat secara ringkas dalam 1 halaman. Hal ini bertujuan agar pihak HRD yang membaca surat kita tidak terlalu letih dan bosan.
  2. Cantumkan informasi atau riwayat yang berhubungan dengan posisi/bidang yang dilamar. Jika Anda melamar sebagai sekertaris, cantumkan pengalaman Anda yang berhubungan dengan bidang administrasi dan kesekretariatan saja. Hindari mencantumkan pengalaman yang tidak relevan dengan bidang yang dilamar hanya untuk memenuhi lembar surat lamaran kerja.
  3. Jelaskan secara singkat pengetahuanmu tentang perusahaan yang Anda lamar. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan bahwa Anda memiliki kesungguhan untuk melamar di perusahaan tersebut karena Anda sudah mengetahui seluk beluk dan profil perusahaan yang bersangkutan.
  4. Anda bisa mencantumkan pujian-pujian yang menyatakan bahwa perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan yang memiliki reputasi bagus dan pilihan yang tepat untuk berkarir sehingga menimbulkan kesan perusahaan tersebut merasa dihargai.
  5. Ceritakan pengalaman pekerjaan Anda secara detail mulai dari posisi yang pernah ditempati, jobdesc yang dilakukan, pencapaian tertinggi yang pernah diraih, dan perubahan yang bisa Anda buat di lingkungan pekerjaan sebelumnya.
  6. Yakinkan kepada pihak HRD/perusahaan bahwa Anda adalah orang yang pantas untuk mengisi posisi di lowongan pekerjaan tersebut. Cantumkan cukup satu kalimat saja yang ringkas dan padat di akhir kalimat.

Berikut merupakan beberapa contoh surat lamaran kerja dari berbagai media iklan yang bisa Anda jadikan referensi :

Contoh Surat Lamaran Kerja dari Iklan Surat Kabar

Contoh Surat Lamaran Kerja dari Iklan Surat Kabar

Surabaya, 03 Januari 2019

Kepada

Bapak Hendra Setiawan

Kepala SDM CV. Indra Jaya Wiguna

Jl. Raya Pahlawan No 56, Gunung Asri, Surabaya

Jawa Timur

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh melalui surat kabar Surabaya Post terkait lowongan pekerjaan di CV. Indra Jaya Wiguna, melalui surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu dengan posisi sebagai Logistic Staff.

Kesempatan kerja yang dijelaskan melalui lowongan pekerjaan sangat menarik dan saya yakin dengan kemampuan dan pengalaman yang saya miliki saya mampu bersaing dengan kandidat lain untuk mengisi posisi jabatan tersebut.

Berikut saya lampirkan biodata singkat saya :

Nama                           : Agus Purwanto

Tempat, Tanggal Lahir             : Jember, 07 Juni 1995

Jenis Kelamin                          : Laki-Laki

Pendidikan terakhir                  : SMK

Alamat                                     : Jalan Mawar No 9A

Telepon                                   : 08236765438

Saat ini saya berada dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Saya lulus dari SMKN 05 Surabaya dengan jurusan Teknik Mesin pada tahun 2017 kemudian melanjutkan karir dengan bekerja di salah satu perusahaan multinasional sebagai staf gudang selama 8 bulan. Saya telah berpengalaman melakukan manajemen gudang termasuk di dalamnya mengelola purchasing barang, pengawasan stock opnam produk, hingga penyimpanan logistik. Saya adalah pekerja keras dan siap bekerja di bawah tekanan dengan jam kerja yang padat.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai pertimbangan Bapak/Ibu dalam melakukan seleksi kedepan, berikut saya lampirkan beberapa berkas pendukung antara lain :

  1. Pas Foto
  2. Fotokopi KTP
  3. Curriculum Vitae
  4. Fotokopi SKCK
  5. Surat Keterangan lulus
  6. Fotokopi legalisir rapot
  7. Sertifikat pendukung

Saya berharap dapat menjadi salah satu bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu agar saya dapat menjelaskan lebih detail terkait pengalaman, kemampuan, dan visi misi saya yang berguna untuk kemajuan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Best Regards,

Agus Purwanto

download format words

Contoh Surat Lamaran Kerja dari Iklan Internet

Contoh Surat Lamaran Kerja dari Iklan Internet

Bogor, 15 Maret 2018

Kepada

HRD PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Jl. Raya Narogong KM 23.8, Kawasan Industri Menara Permai Kav. 18, Cileungsi

Kota Bogor, Jawa Barat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh melalui platform Jobs.id di Internet terkait lowongan pekerjaan di PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, melalui surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan untuk bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu dengan posisi sebagai Management Trainee.

Menjadi bagian dari jaringan toko swalayan terbesar di Indonesia membuat saya percaya bahwa riwayat pendidikan dan pengalaman pribadi yang saya miliki mampu bersaing dengan kandidat lain untuk mengisi posisi jabatan tersebut dan berkarir di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut saya lampirkan biodata singkat saya :

Nama                           : Budi Hermawan

Tempat, Tanggal Lahir             : Bogor, 06 Juni 1995

Jenis Kelamin                          : Laki-Laki

Pendidikan terakhir                  : S1 Ekonomi

Alamat                                     : Perumahan Indah Permai Blok A2, Jakarta, Indonesia

Telepon                                   : 081358765345

Saat ini saya berada dalam kondisi sehat jasmani dan rohani serta baru saja menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) di jurusan Ekonomi, Universitas Indonesia dengan predikat Cumlaude. Selama perkuliahan saya aktif mengikuti berbagai kegiatan dan organisasi kemahasiswaan seperti Badan Eksekutif Mahasiswa dengan jabatan tertinggi saya sebagai Kepala Departemen Fundrising. Saya memiliki pengalaman internship di sebuah perusahaan ritel selama 3 bulan di posisi Business Development. Saya adalah sosok yang menjunjung tinggi integritas dengan mengutamakan efisiensi dan kerja keras dalam bekerja, namun tetap dalam suasana yang menyenangkan dan sesuai target.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai pertimbangan Bapak/Ibu dalam melakukan seleksi kedepan, berikut saya lampirkan beberapa berkas pendukung antara lain :

  1. Pas Foto
  2. Fotokopi KTP
  3. Curriculum Vitae
  4. Fotokopi transkrip nilai
  5. Fotokkopi SKCK
  6. Fotokopi sertifikat pendukung

Saya berharap dapat menjadi salah satu bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu agar saya dapat menjelaskan lebih detail terkait pengalaman, kemampuan, dan visi misi saya yang berguna untuk kemajuan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Best Regards,

Budi Hermawan

download format words

Demikian contoh Surat Lamaran Kerja dari Iklan ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Friday 11th, January 2019 / 14:54 Oleh :
Kategori : Surat Lamaran Kerja