Sponsors Link

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Berbagai Tempat

Tenaga perawat saat ini menjadi salah satu posisi yang banyak dibutuhkan oleh lembaga/instansi pemerintahan atau swasta yang bergerak di bidang kesehatan. Semakin tingginya jumlah populasi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan menyebabkan banyak rumah sakit/lembaga kesehatan yang kewalahan menangani pasien akibat kekurangan tenaga perawat. Jika kamu memiliki riwayat pendidikan di bidang kesehatan, maka melamar pekerjaan menjadi tenaga perawat bisa menjadi pilihan tepat saat ini untuk melanjutkan karir.

Salah satu persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan sebagai tenaga perawat adalah surat lamaran. Surat lamaran kerja perawat adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk mengajukan lamaran pekerjaan  dalam rangka mengisi salah satu posisi tenaga perawat yang sedang dibutuhkan di suatu lembaga kesehatan.

Surat lamaran kerja perawat secara umum memiliki format yang sama dengan surat lamaran pekerjaan lainnya. Surat lamaran kerja perawat mencantumkan informasi terkait profil singkat pelamar beserta riwayat yang dimilikinya, mulai dari pendidikan, pekerjaan, organisasi, prestasi, sertifikasi, dan lain-lain. Adapun format secara ringkas surat lamaran kerja perawat dapat dijabarkan dalam poin-poin sebagai berikut :

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Tujuan penerima surat (Kepala HRD/pimpinan lembaga – lebih baik jika disertai nama)
  3. Perkenalan singkat
  4. Maksud dan tujuan pembuatan surat
  5. Sumber informasi lowongan pekerjaan
  6. Alasan ingin melamar posisi tersebut di perusahaan
  7. Biodata pribadi (Nama, Alamat, No HP, Tempat tanggal lahir, Pendidikan terakhir, email)
  8. Riwayat pendidikan
  9. Pengalaman pekerjaan
  10. Pengalaman organisasi dan riwayat prestasi (jika masih freshgraduate)
  11. Kelebihan/kemampuan yang dimiliki
  12. Penutup
  13. Tanda tangan dan nama jelas

Surat lamaran kerja sebaiknya dibuat dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan peluang dipanggil interview. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sekaligus menjadi tips untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut merupakan beberapa tips yang bisa kami berikan untuk membuat surat lamaran kerja yang profesional :

  1. Surat lamaran kerja sebaiknya dibuat secara ringkas dalam 1 halaman. Hal ini bertujuan agar pihak HRD yang membaca surat kita tidak terlalu letih dan bosan.
  2. Cantumkan informasi atau riwayat yang berhubungan dengan posisi/bidang yang dilamar. Jika Anda melamar sebagai sekertaris, cantumkan pengalaman Anda yang berhubungan dengan bidang administrasi dan kesekretariatan saja. Hindari mencantumkan pengalaman yang tidak relevan dengan bidang yang dilamar hanya untuk memenuhi lembar surat lamaran kerja.
  3. Jelaskan secara singkat pengetahuanmu tentang perusahaan yang Anda lamar. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan bahwa Anda memiliki kesungguhan untuk melamar di perusahaan tersebut karena Anda sudah mengetahui seluk beluk dan profil perusahaan yang bersangkutan.
  4. Anda bisa mencantumkan pujian-pujian yang menyatakan bahwa perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan yang memiliki reputasi bagus dan pilihan yang tepat untuk berkarir sehingga menimbulkan kesan perusahaan tersebut merasa dihargai.
  5. Ceritakan pengalaman pekerjaan Anda secara detail mulai dari posisi yang pernah ditempati, jobdesc yang dilakukan, pencapaian tertinggi yang pernah diraih, dan perubahan yang bisa Anda buat di lingkungan pekerjaan sebelumnya.
  6. Yakinkan kepada pihak HRD/perusahaan bahwa Anda adalah orang yang pantas untuk mengisi posisi di lowongan pekerjaan tersebut. Cantumkan cukup satu kalimat saja yang ringkas dan padat di akhir kalimat.

Berikut merupakan beberapa contoh surat lamaran kerja perawat dengan berbagai posisi lowongan yang bisa Anda jadikan referensi :

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Rumah Sakit

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Rumah Sakit

Kepada Yth.

Kepala HRD

Rumah Sakit Asy-Syifaa

Jl. Merdeka 76, Jakarta

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama                                       : Fitria Mardika Sukmawati

Tempat dan tanggal lahir        : Jakarta, 12 Juli 1993

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Agama                                     : Islam

Pendidikan terakhir                 : D III Keperawatan

Status                                      : Belum Menikah

Alamat                                                : Jl. Pahlawan No 67, Gandaria Selatan

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui Harian Republika pada hari Senin Tanggal 14 Januari 2019 perihal lowongan pekerjaan sebagai tenaga Perawat di Rumah Sakit Asy Syifaa Jakarta, maka dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk menempati posisi tersebut.

Saya memiliki minat tinggi di bidang pelayanan masyarakat khususnya kesehatan Ibu dan Anak. Saya menyukai interaksi sosial dan berhubungan dengan banyak orang, terutama anak kecil. Saya adalah orang yang tekun, ulet, sabar, dan ramah. Saya yakin dengan pengalaman dan background pendidikan saya didukung oleh motivasi tinggi untuk bisa membantu masyarakat dalam rangka menjaga kesehatan keluarga, saya bisa bersaing dengan kandidat lain untuk menempati posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Pas foto terbaru
  2. Curriculum Vitae (CV).
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Ijazah
  5. Fotokopi Transkip Nilai
  6. Fotokopi Kartu Kuning
  7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  8. Fotokopi Sertifikat pendukung

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan memanggil saya untuk wawancara agar saya dapat menjelaskan visi misi serta pandangan saya terhadap kemajuan rumah sakit ini. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Fitri Mardika Sukmawati

download format words

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Klinik Kesehatan

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Klinik Kesehatan

Jakarta, 16 Maret 2017

Kepada Yth.

Pimpinan Klinik Kesehatan Mutiara Hati

Jl. Merdeka 105 Jakarta

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama                                       : Annisa Rahma

Tempat dan tanggal lahir        : Jakarta, 09 November 1994

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Agama                                     : Islam

Pendidikan terakhir                 : D III Keperawatan

Status                                      : Belum Menikah

Alamat                                                : Jl. Melati Tebet Selatan-Jakarta

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan melalui halaman Facebook terkait lowongan pekerjaan sebagai tenaga Perawat di Klinik Kesehatan Mutiara Hati, maka dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan lamaran kerja untuk menempati posisi tersebut.

Saya memiliki minat tinggi di bidang pelayanan kesehatan masyarakat Saya menyukai interaksi sosial dan berhubungan dengan banyak orang. Saya adalah orang yang tekun, ulet, sabar, dan ramah. Saya yakin dengan pengalaman dan background pendidikan didukung oleh motivasi tinggi untuk bisa membantu masyarakat dalam rangka menjaga kesehatan keluarga, saya bisa bersaing dengan kandidat lain untuk menempati posisi tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Pas foto terbaru
  2. Curriculum Vitae (CV).
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Ijazah
  5. Fotokopi Transkip Nilai
  6. Fotokopi Kartu Kuning
  7. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  8. Fotokopi Sertifikat pendukung

Besar harapan saya agar Bapak/Ibu berkenan memanggil saya untuk wawancara agar saya dapat menjelaskan visi misi serta pandangan saya terhadap kemajuan rumah sakit ini. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Annisa Rahma

download format words

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Dinas Kesehatan

Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat di Dinas Kesehatan

Kepada Yth.

Ibu Bupati Jember

di

Jember

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. Nama : Endang Subekti
  2. Tempat/Tanggal Lahir: Jember/27 Agustus 1994
  3. Jenis Kelamin : Perempuan
  4. Agama : Islam
  5. Alamat : Letjen Panjaitan III/27 Jember, Jawa Timur
  6. Formasi yang dilamar : Umum
  7. Jabatan yang dilamar : Tenaga Perawat Dinas Kesehatan Kabupaten Jember
  8. Pendidikan terakhir : DIII Keperawatan
  9. IPK : 3.25
  10. Nomor Telepon : 081234756368
  11. Email : endangs94@gmail.com

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2018. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini disampaikan lampiran berkas (scan) asli yang telah diunggah melalui website sscn.bkn.go.id dengan rincian sebagai berikut :

  1. Surat lamaran ditujukan kepada Ibu Bupati Jember, diketik menggunakan komputer bermaterai Rp 6.000,- ditandatangani dengan pena warna hitam.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
  3. Ijazah dan Transkrip nilai ijazah legalisir basah.
  4. Surat pernyataan (sesuai format yang diunduh di portal SSCN) yang telah ditandatangani dengan pena hitam beserta materai Rp 6.000,-.
  5. Pas Photo berlatar belakang warna merah berukuran 4×6 (1 lembar).

Demikian surat lamaran ini dibuat dengan sesungguhnya, adapun data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi CPNS Pemerintah Kabupaten Jember Tahun Anggaran 2018. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Jember, 26 September 2018

Yang membuat pernyataan,

                        (Endang Subekti)

download format words

Demikian contoh Surat lamaran kerja perawat ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Wednesday 23rd, January 2019 / 03:41 Oleh :