Sponsors Link

Contoh Surat Audiensi ke Gubernur yang Baik dan Benar

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, audiensi adalah kunjungan kehormatan, atau pengunjung/ pendengar suatu ceramah dan sebagainya.

Audiensi merupakan pertemuan resmi yang dilakukan sekelompok orang atau masyarakat atau komunitas terhadap pejabat negara dan orang lain yang turut diundang, seperti bupati, gubernur, dan presiden.

Beberapa instansi pemerintah justru telah menyediakan layanan program audiensi melalui laman resminya, contohnya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPUR) yang bertujuan mendukung percepatan investasi infrastruktur bidang pekerjaan umum perumahan rakyat.

Fungsi kegiatan audiensi antara lain menyalurkan aspirasi, memberikan penjelasan dengan memfasilitasi pertemuan antara pejabat pemerintah dengan pihak yang mengajukan permohonan audiensi.

Hal-hal yang termuat dalam surat audiensi antara lain sebagai berikut :

  1. Kop Surat

Permohonan audiensi biasanya diajukan oleh lembaga yang mempunyai organisasi terstruktur. Maka dalam penulisan surat audiensi, digunakan kop surat lembaga tersebut. Hal ini sekaligus menunjukkan identitas pemohon.

  1. Pembuka Surat

Surat audiensi dibuka dengan menuliskan tanggal pembuatan surat, nomor surat, perihal surat, lampiran (jika ada), dan kepada siapa surat ditujukan. Karena surat ini sifatnya formal, maka penulisannya pun menggunakan standar format baku.

  1. Jadwal acara audiensi

Sebutkan tanggal, dan lokasi acara audiensi akan berlangsung. Tanggal ini penting untuk menjadi pertimbangan pejabat pemerintah yang diundang untuk menghindari bentrok dengan jadwal dinas resmi pejabat yang bersangkutan.

  1. Isi surat

Hal yang perlu disebutkan sebagai isi surat adalah tujuan diadakannya audiensi. Tuliskan apa yang akan dibahas dalam acara audiensi tersebut. Hal ini juga akan menjadi salah satu factor yang akan dipertimbangkan oleh pejabat yang bersangkutan.

  1. Penutup

Bagian ini berisi ucapan terima kasih dan harapan. Cantumkan nama penanggung jawab organisasi yang mengajukan surat permohonan audiensi, seperti ketua dan sekretaris.

Ads

Berikut adalah beberapa Contoh Surat Audiensi ke Gubernur yang Baik dan Benar


Contoh Surat Audiensi ke Gubernur oleh Panitia Duta Pariwisata

Contoh Surat Audiensi ke Gubernur oleh Panitia Duta Pariwisata

Jakarta, 05 April 2019

Nomor  : 019/BP/HMUJ/IV/2019

Lamp.    :  –

Perihal  : Permohonan Audiensi

Kepada

Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Yth. H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M. P.P., Ph.D.

Di tempat

Dengan hormat,                                    

Dengan ini kami selaku panitia penyelenggara Duta Putra Putri Pariwisata Abang None Jakarta 2019, merencanakan pelaksanaan rapat umum pada :

Hari, tanggal       : Jumat – Sabtu, 20-21 April 2019

Pukul                     : 14.00

Tempat                  : Aula Kantor Walikota Jakarta Pusat

Meminta kesediaan bapak untuk dapat menenerima kami melakukan tatap muka dalam rangka menjelaskan rencana kami untuk menyelenggarakan Duta Pariwisata Abang None yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dengan tahap seleksi yang telah memasuki tingkat final propinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, kami harap bapak dapat menjadi salah seorang yang dapat memberikan kata sambutan dalam pembukaan acara yang dimaksud.

Demikian hal ini kami sampaikan dengan harapan agar bapak dapat memenuhinya. Mengenai penentuan hari dan tanggal audiensi, sepenuhnya kami serahkan pada kesediaan waktu yang bapak miliki. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Panitia Abang None Jakarta 2019

Duta Putra Putri Pariwisata

Ketua                                                    Sekretaris

Husni Ramlan                                    Tatiana Wardani

download format words


Contoh Surat Audiensi ke Gubernur oleh Himpunan Mahasiswa

Contoh Surat Audiensi ke Gubernur oleh Himpunan Mahasiswa

Depok, 05 April 2019

Nomor : 019/BP/HMUJ/IV/2019

Lamp.  :  –

Perihal : Permohonan Audiensi

Kepada

Gubernur Jawa Barat

Yth. H. M. Ridwan Kamil, S.T., M.U.D.

Di Bandung

Dengan hormat,

Dengan ini kami selaku panitia Seminar Kebangsaan Himpunan Mahasiswa Universitas Jatayu, merencanakan pelaksanaan rapat umum pada :

Hari, tanggal   : Jumat – Sabtu, 13-14 April 2019

Pukul               : 13.00

Tempat            : Auditorium Universitas Jatayu

Meminta kesediaan bapak untuk dapat menenerima kami melakukan tatap muka dalam rangka menjelaskan rencana kami untuk menyelenggarakan Seminar Kebangsaan yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019 di Universitas Jatayu.

Dengan peserta yang akan menghadiri mencakup mahasiswa dan segenap perangkat dan pejabat lingkungan kampus Universitas Jatayu, kami harap bapak dapat menjadi salah seorang yang dapat memberikan kata sambutan dalam pembukaan acara yang dimaksud.

Demikian hal ini kami sampaikan dengan harapan agar bapak dapat memenuhinya. Mengenai penentuan hari dan tanggal audiensi, sepenuhnya kami serahkan pada kesediaan waktu yang bapak miliki. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,

Badan Pengurus

Himpunan Mahasiswa Universitas Jatayu

Ketua                                      Sekretaris

Sodiqul Hasan                       Indriana Mukti

download format words


Demikian beberapa Contoh Surat Audiensi ke Gubernur yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang menulis format surat audiensi.

Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Saturday 06th, April 2019 / 02:48 Oleh :
Kategori : Surat Permohonan