Sponsors Link

Contoh Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu yang Baik dan Benar

Saat memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kita, ada tahapan yang harus dilakukan. Salah satunya membuat pemberitahuan (notis) bahwa kita akan berhenti dari pekerjaan tersebut.

Dengan adanya dua minggu notis, baik perusahaan maupun pekerja yang akan mengundurkan diri mengalami masa transisi untuk peralihan wewenang.

Pentingnya notis bagi perusahaan adalah memberikan waktu untuk melakukan perekrutan untuk pengganti pada jabatan yang akan ditinggalkan, dan juga serah terima tugas, tanggung jawab, dokumen terkait serta hal-hal menyangkut pekerjaan atau jabatan yang tersebut.

Sedangkan bagi pekerja sendiri, hal ini untuk menjaga profesionalisme dan kesan baik kita dalam bidang pekerjaan kita. Tentunya pekerja membutuhkan rekomendasi baik dari atasannya dan surat keterangan kerja dari perusahaan yang akan diperlukan untuk pekerjaan selanjutnya atau untuk hal lainnya.

Meski telah memberikan surat pemberitahuan berhenti dengan dua minggu notis, pekerja masih harus tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri. Beberapa perusahaan juga menetapkan jangka waktu pertanggungjawaban oleh pihak yang mengundurkan diri atas tindakan kerja pegawai pengganti. Pada jabatan kerja tertentu, selama tiga bulan setelah tanggal berhenti / pengunduran diri, pihak pegawai yang berhenti masih akan ikut dalam bertanggung jawab atas penggantinya dalam hal pekerjaan.

Beberapa elemen yang harus dicantumkan dalam Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu, yaitu :

  1. Data Diri

Dalam bagian ini, selain nama dan jabatan, tuliskan No. Induk Pegawai Anda di perusahaan (jika ada). Hal ini penting untuk menghindari kesalahan jika ada kemiripan nama dan atau jabatan dalam sebuah perusahaan.

  1. Tanggal Mulai Berhenti

Ini adalah informasi inti dari isi surat berhenti kerja yang Anda buat. Tuliskan tanggal Anda mulai berhenti bekerja. Jika Anda menuliskan rentang waktu notis pengunduran diri Anda, maka tanggal berhenti bekerja terhitung sejak tanggal yang tertera pada surat berhenti kerja yang Anda buat.

  1. Serah Terima

Masa transisi memberikan waktu bagi proses serah terima dari pekerja yang akan berhenti/mengundurkan diri kepada pemegang jabatan baru/pegawai pengganti. Mengenai serah terima, biasanya tiap perusahaan memiliki tahapan proses kebijakan masing-masing.

Ads

Berikut adalah beberapa contoh Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu pada berbagai Posisi :


Contoh Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu sebagai Manajer

Contoh Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu sebagai Manajer

Kepada Yth.

Manajer Human Resource Department

PT. Apparel Utama Indonesia

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           :  Fajar Ferizha

Tempat, tanggal lahir  :  Mataram, 25 Oktober 1992

Jabatan                           :  Manajer Pemasaran Impor

No. Induk Pegawai     : M01187

Bersama surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi saya sebagai Manajer Pemasaran Impor di PT. Apparel Utama Indonesia efektif per tanggal 18 April 2019.

Selama masa peralihan, saya akan melakukan serah terima tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan serta semua dokumen yang menyertai pekerjaan tersebut kepada manajer impor pengganti. Sesuai peraturan perusahaan, terhitung tiga bulan sejak tanggal serah terima jabatan, saya bersedia untuk masih bertanggung jawab atas tindakan kerja pengganti.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya selama bekerja di perusahaan ini. Semoga PT. Mayora Indak Tbk akan terus maju dan berkembang.

Jakarta, 04 April 2019

Hormat saya,

Fajar Ferizha

download format words


Contoh Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu di PT Mayora

Contoh Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu di PT. Mayora

Kepada Yth.

Kepala Human Resource Department

PT. Mayora Indah Tbk.

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           :  Bagus Dumaria

Tempat, tanggal lahir  :  Banten, 07 Juli 1995

Jabatan                           :  Staf PPIC – PPC

No. Pegawai                :  16091866

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari posisi saya sebagai staf PPIC – PPC di PT. Mayora Indah Tbk. efektif dua minggu sejak surat ini saya ajukan.

Selama masa peralihan, saya akan memberikan pelatihan dan serah terima pekerjaan kepada staf pengganti.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya selama bekerja di perusahaan ini. Semoga PT. Mayora Indak Tbk akan terus maju dan berkembang.

Jakarta, 04 April 2019

Hormat saya,

Bagus Dumaria

ID. 16091866

download format words


Demikian beberapa Contoh Surat Berhenti Kerja Notis Dua Minggu yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat untuk Anda yang akan menulis surat berhenti kerja.

Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , , ,
Post Date: Thursday 04th, April 2019 / 23:40 Oleh :