Sponsors Link

Contoh Surat Laporan Pengaduan Pelanggan yang Baik dan Sopan

Surat laporan pengaduan pelanggan adalah surat yang dibuat oleh perseorangan yang bertindak sebagai seorang pelanggan/konsumen untuk ditujukan kepada suatu perusahaan dalam rangka menyampaikan keluhan terkait barang/pelayanan yang dia dapatkan. Sebagai seorang konsumen, seseorang memiliki hak untuk menyampaikan keluhan jika mendapatkan barang/pelayanan yang tidak sesuai dengan apa yang telah dijanjikan. Namun, dalam penyampaiannnya membutuhkan prosedur atau tahapan tertentu salah satunya dengan membuat surat laporan pengaduan pelanggan.

Surat laporan pengaduan pelanggan merupakan bagian dari surat pribadi yang menerangkan informasi tentang keluhan terhadap suatu barang atau pelayanan yang diterima dari suatu perusahaan. Surat laporan pengaduan pelanggan yang baik dan benar ditulis menggunakan bahasa yang sopan dan menyampaikan informasi secara jelas dan padat tentang keluhan yang didapatkan. Informasi yang dilampirkan harus detail dan disertakan bukti fisik seperti foto sehingga menambah kebenaran informasi.

Surat laporan pengaduan pelanggan secara umum memiliki format sebagai berikut :

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Penerima surat
  3. Maksud dan tujuan surat
  4. Identitas pengirim surat/konsumen
  5. Jenis keluhan yang ingin disampaikan
  6. Penutup dan harapan-harapan
  7. Nama jelas

Berikut merupakan beberapa contoh surat laporan pengaduan pelanggan yang baik dan sopan sebagai referensi Anda dalam membuat surat :

Contoh Surat Laporan Pengaduan Pelanggan ke Perusahaan

Contoh Surat Laporan Pengaduan Pelanggan ke Perusahaan

PT. MUDA ELEKTRO PERKASA

Ruko Ciputra Indah Blok G7 No 05, Jakarta Pusat, 11722

Telepon 0251 123456 Fax. 0251 567890

Website: www.mudaelektroperkasa.com Email: info@mudaelektroperkasa.com

Jakarta, 10 Januari 2019

No.                  : 0098/A.2/SLPP/PD/MEP/I/2019

Lampiran         : 5 (lima) lembar

Perihal             : Pengaduan barang rusak

Kepada Yth,

PT. Baja Steel Indonesia

Jalan Merdeka No 97, Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa barang yang telah kami terima dalam kondisi rusak dengan rincian daftar barang tersebut sebagai berikut :

No Nama Barang Jumlah Keterangan
1 Baja Besar tipe B-225 1 4 goresan berwarna putih dan karat
2 Alumunium pembungkus kabel 3 Lembaran sobek
3 Kawat kecil 5 Berkarat
4 Kawat besar 4 Berkarat

Bersamaan dengan surat ini juga telah kami lampirkan foto produk yang mengalami kerusakan untuk dijadikan sebagai perhatian.

Demikian surat laporan pengaduan barang rusak ini kami buat dengan sebenar-benarnya dengan harapan kedepan bisa menggunakan sistem pengiriman dan sistem packaging yang lebih aman.

Atas perhatian dan kerja sama Bapak kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

Purchasing Departement

download format words

Contoh Surat Laporan Pengaduan Pelanggan ke Telkom

Contoh Surat Laporan Pengaduan Pelanggan ke Telkom

Kepada Yth.

Bagian Pelayanan Konsumen/Customer Service

PT. Telkom Indonesia Cabang Jatiasih, Bandung

Di

Tempat

Salam sejahtera,

Perkenalkan nama saya Andi Susanto, warga Jatiasih Bandung yang telah menggunakan layanan internet rumah Indihome dari PT. Telkom Indonesia sejak tahun 2017 yang lalu. Saia sudah menggunakan layanan ini selama 2 tahun terakhir dan mendapatkan hasil yang cukup baik. Namun beberapa waktu terakhir, lebih tepatnya semenjak 2 bulan yang lalu saya memiliki permasalahan ataupun gangguan terkait layanan Indihome di rumah saya. Oleh karena itu, melalui surat ini saya ingin menyampaikan beberapa permasalahan yang saya hadapi sehingga harapannya dapat menjadi perhatian bagi PT. Telkom Indonesia khususnya cabang Jatiasih Bandung untuk segera melakukan penindakan lebih lanjut.

Permasalahan dimulai sejak bulan November 2018 dimana layanan internet saya mengalami gangguan layanan berupa pemutusan jaringan selama 1 jam tanpa adanya pemberitahuan apapun sebelumnya. Setelah itu kejadian hampir sering berulang setiap hari terutama pada saat kondisi sedang hujan deras. Saya kemudian menghubungi bagian Customer Service untuk mengadukan permasalahan ini dan disarankan untuk mengganti router WiFi di rumah dengan kondisi yang lebih baru. Router lama yang saya gunakan adalah tipe A2245 dan diganti menggunakan tipe lain yaitu 12248. Semenjak itu saya merasakan performa kecepatan internet saya menjadi semakin menurun. Awalnya tidak begitu terasa, namun perlahan-lahan saya memperhatikan pembacaan data konetivitas internet di aplikasi ternyata memang benar terjadi penurunan signifikan dari 80 Mbps menjadi 60 Mbps. Saia sudah menghubungi kembali pihak Telkom tetapi disuruh menunggu karena masih ada perbaikan jaringan, namun ternyata hingga saat ini masih belum ada kejelasan ataupun kontak dari pihak Telkom.

Saya mencoba membandingkan dengan teman-teman saya yang menggunakan layanan yang sama, dan ternyata memiliki permasalahan yang sama juga. Lalu kami berpikir, apakah ini adalah strategi perusahaan untuk menambah pendapatan dengan dalih kesalahan teknis? Jika ternyata kasus ini terjadi dalam skala pelanggan yang besar, berapa besar “pemasukan” yang bisa didapatkan perusahaan? JIKA ini benar, maka saya rasa ini adalah sebuah bentuk penyimpangan dalam dunia bisnis yang semestinya berjalan secara sehat.

Oleh sebab itu, besar harapan saya untuk mendapat tanggapan dari perusahaan Bapak/Ibu dan surat saya ini dapat dijadikan salah satu evaluasi bagi PT. Telkom Indonesia khususnya cabang Jatiasih Bandung untuk melakukan perbaikan agar pelayanan yang diberikan tetap mejadi yang terbaik bagi pelanggan. Sekian dan terima kasih.

Hormat saya,

Andi Susanto

089 788 675 456

download format words

Contoh Surat Laporan Pengaduan Pelanggan ke Toko

Contoh Surat Laporan Pengaduan Pelanggan ke Toko

Jakarta, 16 Desember 2018

Kepada Yth,

Kepala Toko PT. Senyum Media Komputindo

Jalan Merak No 25, Jakarta Selatan

Di

Tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami selaku pelanggan dari toko buku Senyum Media Jakarta Selatan ingin menyampaikan beberapa keluhan ketika kami membeli perlengkapan alat tulis kantor di tempat Bapak atau Ibu pimpin. Tetapi sebelumnya saya perkenalkan diri terlebih dahulu, nama saya  Bambang Sumpeno, umur 40 tahun. Saya merupakan karyawan swasta dari sebuah perusahaan ternama di Jakarta Selatan

Pertama – tama kami jelaskan terlebih dahulu bahwa kami merupakan pelanggan tetap toko buku Senyum Media sejak toko ini baru dibuka di Jalan Merak, yaitu sejak tahun 2005. Sejak awal kami berbelanja alat tulis tidak pernah ada masalah, tetapi ketika kami mencoba fasilitas layanan antar toko sejak sekitar 5 bulan yang lalu, ternyata menjadi banyak permasalahan

Masalah pertama adalah ketika kami memesan HVS 100gr Merk Sindu sebanyak 50 rim pada tanggal 18 Agustus 2018, yang dikirim ke tempat kami hanya 47 rim, dan itu waktunya lama sekali. Dijanjikan sampai dalam 1 jam, pada kenyataannya sampai 5 jam. Dan perusahaan kami sudah mau tutup dan tidak ada penjelasan dari toko Bapak/ Ibu.

Masalah Selanjutnya ketika kami memesan pulpen hitam merk Black sebanyak 100 box pada tanggal 11 September 2018. Yang dikirim memang 100 box dan tepat waktu, tetapi 20 box dari pulpen tersebut tidak berfungsi. Bayangkan, hampir 20% barang rusak semua. Padahal kami selalu membeli pulpen merk Black dan tidak pernah ada masalah. Dan yang terakhir ketika kita memesan kertas merk Sindu lagi sebanyak 20 rim pada 10 pengepakan kiriman kurang baik yang mengakibatkan 10 rim kertas HVS putih dalam kondisi cacat.

Sehubungan dengan hal tersebut dan mengingat bahwa usaha kami sangat membutuhkan layanan antar karena tidak ada orang yang sempat membeli ke toko Bapak/ Ibu secara langsung, kami harap, sebelum dikirim tolong dicek kondisi awal hingga pengepakannya. Sehingga, semua tetap dalam kondisi baik.

Kami berharap hubungan kerja yang telah terjalin baik selama ini tidak disia-siakan. Atas perhatian dan kerja sama baik dari Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Bambang Sumpeno

download format words

Demikian contoh Surat laporan pengaduan pelanggan ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, February 2019 / 09:46 Oleh :
Kategori : Surat Pernyataan