Sponsors Link

Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja yang Baik dan Sopan

Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami kondisi pada saat melamar pekerjaan pertama kalinya sebagai freshgraduate, kita mendapatkan tawaran pekerjaan secara bersamaan dari dua perusahaan yang pernah kita lamar sebelumnya. Hal ini menjadi sebuah kewajaran karena pasti kita tidak akan melamar kepada satu perusahaan saja untuk mendapatkan peluang diterima yang lebih besar. Lalu, bagaimanakah cara menolak tawaran pekerjaan tersebut dengan sopan dan baik ?

Menolak tawaran pekerjaan bukanlah hal yang mudah karena terdapat berbagai faktor dan pertimbangan yang harus kita pikirkan secara matang-matang. Apabila kita menolak tawaran kerja dengan cara yang kurang baik, tentu akan memengaruhi penilaian diri pribadi kita pada saat akan melamar ke perusahaan lain. Biasanya kita akan mengirimkan pemberitahuan untuk menolak tawaran pekerjaan tersebut melalui email ataupun surat. terdapat beberapa aturan ataupun kaidah yang harus diperhatikan dalam menulis email/surat untuk menolak tawaran pekerjaan tersebut. Berikut merupakan tips menulis surat menolak tawaran kerja yang baik dan sopan.

  1. Kirim surat penolakan tawaran kerja sesegera mungkin

Tentu di setiap akhir sesi wawancara dari suatu perusahaan, kita bisa menilai apakah kita sudah sesuai dengan tempat dan jabatan yang telah kita lamar sebelumnya. Jika kita sudah merasa tidak puas dengan lamaran yang telah kita kirimkan sebelumnya, alangkah lebih baiknya jika segera mengirimkan surat pemberitahuan paling lambat 3 hari setelah pengumuman penerimaan diumumkan.

  1. Sampaikan rasa terima kasih

Sebagai perwujudan rasa kesopanan kita sebaiknya di awal surat kita harus mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya, baik dari kesempatan yang telah diberikan kepada kita untuk menjalani rangkaian proses seleksi penerimaan karyawan dan berbagai jenis pembelajaran yang telah kita dapatkan melalui proses wawancara tersebut.

  1. Berikan alasan jelas

Bagian terpenting dari surat penolakan tawaran kerja adalah alasan kita untuk menolak tawaran kerja tersebut. Tidak perlu menceritakan secara detail, intinya Anda bisa mengutarakan pernyataan untuk menolak tawaran tersebut sekaligus disertai alasan yang jelas dan singkat.

  1. Gunakan bahasa dan tutur kata yang sopan dan baik

Surat yang akan Anda kirimkan pasti akan dibaca oleh pihak perusahaan terkait. Gunakan bahasa dan tutur kata yang sopan dan baik sehingga Anda masih mendapatkan penilaian dan kesan yang baik untuk mempermudah perjalanan Anda untuk melamar di perusahaan lain.

  1. Jaga hubungan baik dengan perusahaan/pihak pewawancara

Hal ini bertujuan menjaga nama baik Perusahaan Anda jika suatu saat mendapatkan kerja sama dengan perusahaan yang pernah anda tolak sebelumnya.

Berikut kami lampirkan beberapa contoh surat menolak tawaran kerja yang dapat Anda jadikan referensi dalam pembuatan surat pribadi yang baik dan profesional.

Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja karena Jabatan Tidak Sesuai

Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja karena Jabatan Tidak Sesuai

Kepada Yth.

Presiden Direktur PT. Benih Citra Makmur

di

Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pengumuman seleksi penerimaan karyawan PT. Benih Citra Makmur pada tanggal 17 Desember 2018 dengan jabatan Production Supervisor, saya secara pribadi mengucapkan terima kasih atas peluang dan tawaran posisi jabatan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan kepada saya. Saya juga berterima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya untuk memberikan berbagai penjelasan mengenai perusahaan ini melalui serangkaian tahapan seleksi yang telah dilakukan kemarin. Saya telah belajar banyak tentang semangat bekerja di perusahaan ini sekaligus berbagai tambahan pengetahuan baru serta motivasi yang telah bapak/ibu interviewer berikan kepada saya.

Setelah mempertimbangkan dengan matang dan menyesuaikan kompetensi serta pengalaman yang telah saya miliki, dengan berat hati saya mengucapkan permohonan maaf karena belum bisa menerima tawaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin karena bidang pekerjaan yang ditawarkan tidak sesuai dengan bidang yang saya lamar di awal.

Semoga keputusan ini merupakan keputusan yang terbaik bagi kedua belah pihak. Sekali lagi terima kasih atas kesempatan dan pembelajaran singkat yang telah diberikan kepada saya selama rangkaian tahapan seleksi penerimaan karyawan kemarin.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Malang, 18 Desember 2018

Hormat saya,

(Andi Rahman Sulaiman)

download format words

Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja karena Gaji Tidak Sesuai

Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja karena Gaji Tidak Sesuai

Kepada Yth.

Direktur Utama  PT. Jaya Abadi Perkasa

di

Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pengumuman seleksi penerimaan karyawan PT. Jaya Abadi Perkasa pada tanggal 20 Agustus 2017, saya secara pribadi mengucapkan terima kasih atas kesempatan wawancara 3 hari yang lalu. Saya berterima kasih karena dapat melihat lebih jauh tentang semangat bekerja di perusahaan ini melalui penjelasan Bapak/Ibu. Saya juga belajar banyak hal melalui pertemuan wawancara tersebut.

Setelah mempertimbangkan dengan matang dan menyesuaikan kompetensi serta pengalaman yang telah saya miliki, dengan berat hati saya mengucapkan permohonan maaf karena belum bisa menerima tawaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin karena gaji yang ditawarkan tidak sesuai jumlah yang saya harapkan.

Semoga keputusan ini merupakan keputusan yang terbaik bagi kedua belah pihak. Sekali lagi terima kasih atas kesempatan dan pembelajaran singkat yang telah diberikan kepada saya selama rangkaian tahapan seleksi penerimaan karyawan kemarin.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 21 Agustus 2017

Hormat saya,

(Agus Setiadi)

download format words

Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja dalam Bahasa Inggris

Syakir Hasim

Chief Officer of Human Resources Department

PT. Global Inovasi Muda

Dramaga Tower A5, Bogor, Indonesia 17112

Phone: (0251) 123456

Jan 19, 2015

Dear Sir,

Thank you very much for offering me the position of Administrative Staff at PT. Global Inovasi Muda. It was a great experience to get interviewed by this big company and learned may things in 3 days. It’s difficult decision to make, but, after though reasoning and careful consideration, I decided not to accept your offer.

I sincerely appreciate you taking the time and effort to interview me and to share information on the opportunity and your company. I hope this is the best decision for us.

Once more, thank you for your consideration.

Best Regards,

Jennie Kim

download format words

Demikian contoh Surat Menolak Tawaran Kerja ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, ,
Post Date: Saturday 22nd, December 2018 / 04:20 Oleh :
Kategori : Surat Pernyataan