Sponsors Link

Surat Pernyataan Pengalaman Kerja yang Benar dan Rapih

Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk diberikan kepada karyawan yang sudah tidak bekerja atau mengundurkan diri dari perusahaan secara baik-baik. Surat pengalaman kerja diperlukan sebagai bukti bahwa seorang karyawan pernah bekerja di sebuah perusahaan.

Surat pengalaman kerja ini kemudian dapat digunakan sebagai lampiran untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan lain. Selain itu, pada beberapa instansi surat pengalaman kerja juga dapat digunakan untuk proses pencairan saldo jaminan hari tua (JHT) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Format Surat Pengalaman Kerja

Surat Pengalaman Kerja merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh sebuah instansi/perusahaan. Oleh karena itu, surat pengalaman kerja haruslah dibuat menggunakan format baku yang tersusun secara jelas dan sistematis. Adapun format umum dari Surat Pengalaman Kerja meliputi :

  1. Kop surat
  2. Kalimat “SURAT PENGALAMAN KERJA”
  3. Nomor Surat
  4. Profil pembuat surat
  5. Profil karyawan yang sudah berhenti bekerja
  6. Isi surat
  7. Kalimat Penutup
  8. Tanggal pembuatan surat
  9. Tanda Tangan Pembuat Surat
  10. Nama jelas pembuat surat

Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Berdasarkan format surat pengalaman kerja yang telah disebutkan di atas, dapat dijelaskan secara lebih terperinci sebagai berikut : kop surat berisikan identitas perusahaan meliputi nama perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon atau kontak yang bisa dihubungi, alamat email/fax, dan logo perusahaan. Kemudian di bawahnya dituliskan kalimat “SURAT PENGALAMAN KERJA” dengan menggunakan huruf kapital, Bold, dan ditempatkan di tengah halaman (Center). Kemudian selanjutnya diberi nomor pembuatan surat.

Setelah itu dicantumkan profil pembuat surat, biasanya diisi oleh bagian personalia/HRD maupun Direktur Utama secara langsung. Adapun profil yang dicantumkan meliputi nama, jabatan, dan alamat. Profil ini bersifat umum dan dapat ditambah/dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu kemudian dituliskan profil karyawan yang telah berhenti atau mengundurkan diri dengan format/isian profil yang sama.

Paragraf selanjutnya merupakan bagian penting dari surat yaitu isi surat. Isi surat berisikan pernyataan dari perusahaan bahwa karyawan tersebut pernah bekerja di perusahaan terkait, dalam rentang waktu tertentu, dan telah berhenti/mengundurkan diri secara baik-baik.

Selain itu dapat juga ditambahkan keterangan atau pernyataan pendukung untuk membuat alasan yang valid. Pada bagian akhir surat dapat diberikan kalimat penutup beserta tanggal pembuatan surat dan tanda tangan serta nama jelas dari pembuat surat.

Ads

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Surat Pengalaman Kerja biasanya akan digunakan oleh karyawan yang telah berhenti/mengundurkan diri dari sebuah perusahaan untuk dijadikan lampiran sebagai bahan pengajuan lamaran pekerjaan di perusahaan lain. Oleh karena itu, Surat Pengalaman Kerja bisa dikatakan dapat menjadi media promosi yang baik oleh karyawan untuk mendapatkan penilaian lebih di proses rekrutmen perusahaan barunya. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pihak pembuat Surat Pengalaman Kerja, diantaranya :

  1. Surat Pengalaman Kerja dapat dicantumkan kelebihan, prestasi, serta pencapaian karyawan selama bekerja di perusahaan terkait. Hal ini dapat menjadi bahan acuan yang baik bagi perusahaan baru untuk melakukan penilaian kinerja karyawan.
  2. Surat Pengalaman Kerja merupakan surat yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk dilihat dan dibaca oleh pihak luar. Oleh karena itu sebaiknya surat dibuat dalam tata bahasa yang baku dan baik sehingga dapat menggambarkan citra perusahaan secara profesional

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Berikut merupakan beberapa contoh Surat Pengalaman Kerja yang disesuaikan berdasarkan profesi atau jenis pekerjaan.


Contoh Surat Pernyataan Pengalaman Kerja Karyawan

Contoh Surat Pernyataan Pengalaman Kerja Karyawan

BENIH MAKMUR SENTOSA

Jalan Kenanga No. 09 Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Email : info@benihmakmursentosa.com. Telepon : (0331) 123456

 

SURAT PENGALAMAN KERJA

No.15/SPK/HRD/XI/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Edi Supriatno

Jabatan            : Kepala Divisi HRD PT. Benih Makmur Sentosa

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama               : Andi Azhari

Jabatan           : Field Quality Assurance

Merupakan karyawan dari perusahaan PT. Benih Makmur Sentosa terhitung sejak tanggal 01 Mei 2018 hingga 31 Oktober 2018 dengan jabatan terakhir sebagai Field Quality Assurance.

Selama menjadi karyawan dari perusahaan kami, saudara Andi Azhari telah bekerja dengan sangat baik sesuai dengan tugas dan fungsi yang dibebankan serta tidak pernah menimbulkan masalah yang dapat merugikan perusahaan. Saudara Andi Azhari  telah mengajukan pengunduran diri secara baik-baik dan atas kemauan sendiri.

Demikian Seurat pengalaman kerja ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

Jember, 16 November 2018

Kepala HRD PT. Benih Makmur Sentosa

TTD

(Edi Supriatno)

download format words


Contoh Surat Pernyataan Pengalaman Kerja Anak Magang

Contoh Surat Pernyataan Pengalaman Kerja Anak Magang

AGRIBUSINESS DEVELOPMENT CENTER

Jalan Harapan Baru No. 15 Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Email : info@ads.com. Telepon : (0251) 171651

 

SURAT PENGALAMAN KERJA

No.10/SPK/HRD/XI/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama      : Agus Harianto

Jabatan  : Kepala Divisi SDM PT. Agribusiness Development Center

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama                           : Tatang Supratman

NIM                             : A241600001

Asal Universitas        : Institut Pertanian Bogor

Jurusan                        : Agronomi dan Hortikultura

Telah menyelesaikan program magang “Mahasiswa Muda Wirausaha” yang dilaksanakan oleh PT. Agribusiness Development Center sebagai Staf Divisi Produksi sejak tanggal 01 – 31 Oktober 2018 dengan predikat SANGAT BAIK.

Selama penyelenggaraan program magang, saudara Tatang Supratman telah mengerjakan setiap tugas divisi dengan baik dan sesuai arahan koordinator. Tatang Supratman telah berhasil mengumpulkan nilai sempurna dalam aspek teori, praktek, dan presentasi laporan akhir. Kemampuan analisis, inisiatif, dan public speaking merupakan tiga keahlian yang menonjol dari saudara Tatang Supratman.

Demikian Surat pengalaman kerja ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jember, 16 November 2018

Kepala SDM PT. ADS

TTD

(Agus Harianto)

download format words

Contoh Surat Pernyataan Pengalaman Kerja SMK

Contoh Surat Pernyataan Pengalaman Kerja SMK

PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 10 Jember

Jalan Kahuripan No. 11 Kabupaten Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Email : info@smkn10jember.com. Telepon : (0331) 776772

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No.27/B.1/SPK/ADM/SMKN10/XI/2018

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Drs. H. Purnawirawan, S.Pd. M.Si.

Jabatan            : Kepala Sekolah SMKN 10 Jember

Alamat              : Jalan Nusa Indah III No 19, Kecamatan Gebang, Kab. Jember

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama               : Endang Susanti, S.Pd.

Alamat             : Jalan Hos Cokroaminoto II/5A, Kecamatan Kaliwates, Kab. Jember

Adalah benar telah bekerja pada sekolah yang kami pimpin sejak 30 Juli 2009 sampai 31 Oktober 2018 dengan jabatan terakhir sebagai Tenaga Pendidik/Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan Pertanian. Selama bekerja di sekolah kami, beliau telah memberikan kontribusi dan dedikasi tinggi terhadap prestasi murid-muridnya dan mengharumkan nama baik sekolah. Beliau mengajukan pengunduran diri atas dasar kemauannya sendiri.

Demikian Seurat Keterangan Pengalaman Kerja ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

Jember, 01 November 2018

Kepala Sekolah SMKN 10 Jember

TTD

(Drs. H. Purnawirawan, S.Pd. M.Si.)

download format words


 

Demikian artikel contoh Surat Pengalaman Kerja ini dibuat. Semoga bisa menjadi referensi bagi perusahaan atau pihak yang berkepentingan untuk membuat Surat Pengalaman Kerja secara baik dan benar. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama maupun profil perusahaan karena itu terjadi secara kebetulan dan surat dibuat tanpa ada maksud apapun. Semoga bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkan dan dipersilakan untuk dibagikan kepada pihak yang membutuhkan.

, , , , ,
Post Date: Tuesday 20th, November 2018 / 01:07 Oleh :
Kategori : Surat Pernyataan