Sponsors Link

Contoh Surat Pernyataan Bersalah yang Baik dan Benar

Dalam melakukan hal apapun, kita dituntut untuk bersikap sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku. Namun ada kalanya kita melakukan kesalahan, baik disengaja atau pun tidak. Hal ini dapat terjadi di lingkungan kerja, sekolah, atau pun dalam lingkungan bermasyarakat kita sehari-hari.

Kesalahan dalam melakukan sesuatu hal di dalam atau pun di luar instansi atau perusahaan dapat menimbulkan kerugian, bagi perusahaan / instansi atau pun bagi konsumen / klien.

Demi profesionalitas, saat melakukan kesalahan, kita diminta jujur untuk mengakui bahwa kita memang telah melakukannya lalu meminta maaf atas kesalahan tersebut. Dengan adanya pengakuan ini, tentu kita akan mendapat konsekuensi atau pun sanksi, dan harus bersedia menanggungnya. Hal ini bertujuan memberikan efek jera kepada orang yang bersalah tersebut.

Kesalahan dalam hal Surat Pernyataan Bersalah ini tentunya kesalahan yang menyalahi tata aturan umum perusahaan / instansi terkait, bukan kesalahan fatal yang berkaitan hukum atau dapat dikenakan sanksi pidana.

Surat Pernyataan Bersalah ini dibuat untuk menghindari konflik yang berkelanjutan. Supaya penyelesaian masalah tidak berlarut sampai ke tahap selanjutnya, dan kedua belah pihak, baik yang melakukan kesalahan dan yang merasa dirugikan tidak bersengketa.

Elemen dalam Surat Pernyataan Bersalah antara lain :

  1. Identitas Pembuat Surat

Pihak yang melakukan kesalahan mencantumkan data dirinya dalam Surat Pernyataan Bersalah tersebut. Cantumkan nama, alamat, dan detail lain yang diperlukan. Jika Surat Pernyataan Bersalah ini dibuat oleh karyawan dalam sebuah instansi, maka sebutkan juga Jabatan dan Nomor Induk Pegawai ( jika ada ).

  1. Kesalahan yang telah Dibuat

Inilah bagian isi surat yang menerangkan kesalahan yang telah diperbuat oleh pembuat surat. Dari sini dapat ditaksir nilai kerugian yang ditimbulkan, baik berupa material maupun moril.

  1. Janji untuk tidak mengulangi

Hal yang penting, yang menjadi tujuan dibuatnya Surat Pernyataan Bersalah ini adalah supaya pembuat surat mendapat efek jera, tidak mengulangi kembali perbuatannya. Di sini juga sebaiknya dicantumkan kesediaan pembuat surat untuk menanggung konsekuensi atau pun sanksi yang timbul akibat perbuatannya.

Ads

Berikut adalah beberapa contoh Surat Pernyataan Bersalah yang Baik dan Benar :


Contoh Surat Pernyataan Bersalah oleh Kasir yang Membawa Uang Pribadi

Contoh Surat Pernyataan Bersalah oleh Kasir yang Membawa Uang Pribadi

 

SURAT PERNYATAAN BERSALAH

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Risya Karolina

No. Pegawai    : 1927005

Jabatan             : Staf  Kasir

Alamat            : Jl. Lingkar Selatan Malabar No. 95, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40263

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya atas kesalahan saya karena membawa uang tunai milik saya pribadi di dalam kantong seragam saya senilai Dua Ribu Rupiah. Saya menyadari sepenuhnya larangan membawa uang tunai selama jam kerja telah menjadi aturan dasar perusahaan bagi setiap staf kasir. Hal ini adalah murni kelalaian saya.

Bersama surat ini saya meminta maaf serta berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut dan bersedia menerima sanksi dan konsekuensi lain sesuai peraturan yang berlaku di perusahaan.

Demikian surat pernyataan bersalah ini saya buat atas kesadaran saya, tanpa paksaan dari pihak manapun.

Bandung, 04 April 2019

Hormat saya,

 

Risya Karolina

 

download format words

 


Contoh Surat Pernyataan Bersalah oleh Karyawan yang Terlambat Menyelesaikan Pekerjaan

Contoh Surat Pernyataan Bersalah oleh Karyawan yang Terlambat Menyelesaikan Pekerjaan

 

SURAT PERNYATAAN BERSALAH

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Hanim Handoko

No. Pegawai    : SR1706788

Jabatan            : Sekretaris untuk Direksi

Alamat            : Jl. Sultan Agung Blok C No. 079, Kel. Kebon Baru, Kec. Tebet,                               Jakarta Selatan

 

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya dan meminta maaf atas keterlambatan penyelesaian pekerjaan yang telah saya lakukan. Bahwa kelengkapan dokumen pengajuan pembaruan Kartu Ijin Tinggal Sementara milik Manajer Pemasaran yang notabene adalah Tenaga Kerja Asing yang seharusnya saya penuhi sehari sebelumnya, hal itu merupakan kelalaian saya pribadi.

Bersama surat ini saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut dan bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku di perusahaan.

Demikian surat pernyataan bersalah ini saya buat atas kesadaran saya, tanpa paksaan dari pihak manapun.

 

Jakarta, 04 April 2019

Hormat saya,

 

Hanim Handoko

 

download format words


Demikian beberapa Contoh Surat Pernyataan Bersalah yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat untuk Anda yang akan menulis format Surat Pernyataan Bersalah.

Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Friday 05th, April 2019 / 00:13 Oleh :
Kategori : Surat Pernyataan