Sponsors Link

Contoh Surat Oper Alih Tanah Garapan yang Benar

Tanah garapan adalah sebidang tanah yang sudah atau belum memiliki suatu hak yang melekat kepadanya untuk dikerjakan atau dimanfaatkan oleh pihak lain baik dengan persetujuan atau tanpa persetujuan yang berhak dengan atau tanpa jangka waktu tertentu. Sebuah tanah garapan baik yang sudah atau belum memiliki suatu hak atas pengerjaan dapat berpindah tangan kepemilikan melalui suatu prosedur hukum. Bukti tertulis yang menyatakan pemindahan penguasaan tanah tersebut disebut dengan surat oper alih tanah garapan.

Surat oper alih tanah garapan adalah surat pernyataan yang menerangkan bahwa suatu pihak telah menyerahkan dengan sebenar-benarnya sebidang tanah garapan untuk dapat dimanfaatkan atau dikerjakan oleh pihak lain. Memiliki tanah garapan berarti suatu pihak memiliki hak untuk menempati, memakai, dan menikmati tanah tersebut. Surat oper alih tanah garapan memberikan bukti tertulis bahwa pemanfaatan suatu tanah garapan adalah bersifat sah di hadapan hukum.

Jangka waktu berlakunya surat oper alih tanah garapan adalah dua tahun dihitung dari tanggal dikeluarkannya surat pernyataan tersebut. Apabila setelah jangka waktu berakhir dan syarat-syarat telah dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di dalamnya, maka dapat diberikan hak penguasaan atas tanah tersebut. Hal ini dapat mengurangi terjadinya sengketa atas suatu tanah garapan.

Secara umum cara membuat surat oper alih tanah garapan memiliki kesamaan dengan  cara pembuatan jenis surat lainnya. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat hibah tanah. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan :

  1. Nama surat (diketik dengan menggunakan huruf kapital)
  2. Identitas kedua belah pihak (si pemberi dan penerima tanah garapan), meliputi : nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan, alamat lengkap.
  3. Isi pokok yang menjelaskan perihal surat oper alih tanah garapan tersebut, seperti pernyataan pemberian hak tanah garapan dari pihak pemberi kepada penerima, luas tanah yang diberikan, tujuan penggunaan tanah, hingga batas-batas wilayah tanah tersebut.
  4. Penutup surat yang menerangkan tempat dan tanggal pembuatan surat, tanda tangan diantara kedua belah pihak yang mencakup didalam surat tersebut, tanda tangan saksi-saksi, dan tanda tangan kepala desa atau RT setempat.

Selain poin-poin di atas, sebaiknya dalam penulisan jenis surat ini menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahasa yang lugas dan jelas serta tidak bertele-tele. Mengingat pentingnya surat ini, maka surat oper alih tanah garapan termasuk dalam salah satu jenis surat resmi. Surat ini diperlukan terutama bagi pihak penerima, karena dikhawatirkan akan terjadi sesuatu hal di kemudian hari sehingga surat ini bisa menjadi sebuah bukti. Surat ini menjadi salah satu penguat bagi pemegangnya di depan hukum.

Berikut merupakan contoh surat oper alih tanah garapan :

Contoh Surat Oper Alih Tanah Garapan di Surabaya

Contoh Surat Oper Alih Tanah Garapan di Surabaya

SURAT PERJANJIAN OPER ALIH TANAH GARAPAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                  :  Hj. MARLINA

Tempat /Tgl Lahir               :  Sukabumi, 07 Agustus 1941

Pekerjaaan                          :  Pengusaha

Alamat                                :  Jl. Dharmawangsa Blok A7 No. 35

Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama                                  :  MARYANI

Tempat /Tgl Lahir               : Bandung, 20 Juli 1977

Pekerjaaan                          :  Ketua Yayasan Pendidikan Ilmu Pertanian Anak (YPIPA)

Alamat                                :  Jl. Dharmawangsa Blok A7 No. 35

Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Pada hari ini di hadapan saksi-saksi PIHAK PERTAMA  mengakui dan menyatakan telah mengoper alih sebagian bidang tanah kepada PIHAK KEDUA dengan luas tanah 85 m2 (Delapan puluh limq meter persegi) yang berlokasi di Jl. Dharmawangsa Blok A7 No. 35, Kelurahan Suka Ginting Kecamatan Sukrawetan, Bandung dengan batas-batas sebagai berikut :

Sebelah Utara berbatasan dengan             : H. Said Abdullah

Sebelah Selatan berbatasan dengan          : Mandra

Sebelah Timur berbatasan dengan            : Jalan Kenanga

Sebelah Barat berbatasan dengan             : Indra

Demikian surat pernyataan Perjanjian oper alih garapan  ini dibuat dengan sebenarnya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani serta tidak mendapat tekanan dan paksaan dari pihak manapun.

Bandung, 17 September 2018

PIHAK KEDUA

(Maryani)

PIHAK PERTAMA

(Hj. Marlina)

Saksi-saksi

Ketua RW

(Subagyo)

Ketua RT

(Asep Nur Rahman)

download format words

Demikian contoh Surat oper alih tanah garapan ini dibuat, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda yang membutuhkan. Mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama/tempat/informasi lain karena surat yang dibuat hanya bertujuan sebagai percontohan tanpa ada maksud apapun.

, , ,
Post Date: Wednesday 02nd, January 2019 / 03:45 Oleh :
Kategori : Surat Perjanjian