Sponsors Link

Contoh Surat Resmi Sekolah Berbagai Kepentingan

Surat resmi biasanya banyak dipakai untuk keperluan instansi, organisasi, keperluan dinas, atau kepentingan antar perusahaan. Meski begitu surat resmi tidak harus selalu dibuat oleh kelompok, bisa juga dibuat oleh individu. Surat resmi biasanya dibuat untuk menyampaikan informasi tertulis oleh satu pihak ke pihak yang lain.

Fungsi dari surat resmi biasanya mencakup lima hal berikut. Sebagai sarana pemberitahuan, buah pemikiran, permintaan, gagasan serta sebagai pedoman kerja. Meski saat ini sudah jarang digunakan dalam komunikasi pribadi karena sudah tergantikan dengan berbagai media lain yang lebih modern. Tetapi untuk kegiatan yang bersifat formal tentu dibutuhkan komunikasi lewat surat, karena bila menggunakan ponsel tentu terlihat tidak profesional sehingga akan ditolak.

Ciri-ciri dari surat resmi yang baik

  • Surat resmi yang baik bila dikeluarkan oleh suatu organisasi biasanya menggunakan kop surat.
  • Terdapat Tanggal Surat besert alamat Tujuan dibuatnya surat
  • Terdapat nomor pembuatan surat, lampiran dan juga perihal dibuatnya surat tersebut.
  • Menggunakan bahasa baku yang resmi
  • Dibuka dan ditutup dengan menggunakan salam yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang.
  • Salah satu pertimbangan diakui atau tidaknya surat resmi adalah adanya cap atau stempel dari lembaga yang mengeluarkan surat tersebut. Bila tidak ada cap, maka surat tersebut akan diragukan keasliannya.
  • Terdapat tembusn (jika perlu)

Bagian – Bagian Surat Resmi

Dalam membuat surat resmi harus mengikuti peraturan baku yang sudah ada. Dengan begitu surat yang telah dibuat bisa diterima oleh semua kalangan. Secara garis besar dalam sebuah surat biasanya memiliki format seperti bagian pembuka, isi surat dan terakhir adalah penutup. Berikut adalah bagian dari surat resmi.

  • Kepala atau Kop Surat Resmi. Dalam menulis surat resmi, keberadaan kop surat sangatlah penting. Adanya kop surat menunjukan dari lembaga mana surat tersebut berasal. Keberadaan kop surat merupakan suatu penegasan bahwa surat yang dikeluarkan tersebut merupakan surat resmi dari lembaga atau perusahaan yang mengeluarkan surat. Dalam sebuah kop surat setidaknya harus memiliki 5 bagian agar orang yang menerima surat mengetahui asal surat secara jelas. Kelima bagian kop surat tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Nama lembaga, instansi atau perusahaan.
  2. Alamat Lengkap perusahaan, lembaga atau instansi.
  3. Kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telpon, fak atau email.
  4. Kode Pos
  5. Logo dari lembaga, perusahaan, atau instansi.
Ads

Tidak semua kop surat menyertakan kelima bagian di atas karena berbagai alasan. Sedangkan untuk penulisannya biasanya menggunakan huruf kapital yang diperbesar dan dipertebal. Untuk penulisan kop surat umumnya menggunakan rata tengah, tetapi terkadang ada juga yang menggunakan rata kiri atau kanan.

  • Identitas Surat. Identitas surat sangat penting biasanya terdiri dari nomor surat, sifat surat, lampiran surat dan perihal dari surat tersebut. Nomor surat pada surat resmi merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi sangat penting. Pada bagian ini tidak bisa dibuat sembarangan, karena setiap karakter yang ada pada nomor surat resmi memiliki makna dan arti. Orang yang telah lama berkecimpung dalam surat menyurat tentu sudah tahu benar bagaimana tata cara penulisan nomor surat dengan baik dan benar. Sedangkan Lampiran surat merupakan suatu dokumen tambahan yang di lampirkan ke dokumen utama. Lampiran biasanya berisi dokumen pendukung yang menguatkan dokumen utama seperti foto kegiatan, laporan keuangan lebih mendetail dan lain sebagainya.Selanjutnya pada bagian lain terdapat tujuan surat (nama organisasi/ perorangan ataupun jabatan) dan alamat tujuan surat secara umum. Banyak yang tidak terlalu memperhatikan penulisan alamat surat, sehingga banyak terjadi kekeliruan dalam penulisannya, khususnya dalam menulis alamat dalam surat resmi. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis alamat surat.
  1. Alamat surat biasa terdapat pada dua tempat yaitu di bagian sampul dan di awal surat.
  2. Alamat surat yang ditulis pada bagian sampul harus berisi alamat lengkap. sedangkan untuk alamat yang ditulis pada bagian surat biasanya tidak selengkap alamat yang ditulis di sampul.
  3. Penggunaan kata “kepada” tidak wajib digunakan karena sia-sia.
  4. Kata “Yang Terhormat” bisa disingkat dengan “Yth”
  5. Penulisan sebutan seperti ibu, bapak atau Sdr/Sdri wajib digunakan bila diikuti dengan nama orang.
  6. Kata “Jalan” tidak perlu disingkat, dan penulisan alamat tidak perlu diakhiri dengan tanda titik.
  •  Tempat dan Tanggal Surat. Tempat dan tanggal surat merupakan keterangan yang menjelaskan lokasi serta kapan ditulisnya surat tersebut. Tetapi apabila lokasi penulisan surat sudah dinyatakan pada kop surat, maka dalam hal ini tidak perlu ditulis kembali, cukup tangganya saja. Lokasi penulisan tempat dan tanggal surat biasanya berada di pojok kanan atas sejajar dengan nomor surat. Nama tempat biasanya ditulis mendahului tanggal surat. Penulisan nama tempat dan tanggal dipisah dengan tanda koma dan diakhiri dengan tanda titik.
  • Salam Pembuka dan Penutup. Penulisan salam sebaiknya menggunakan kata-kata umum yang biasa digunakan dalam percakapan resmi seperti salam sejahtera, atau kalau satu keyakinan bisa menggunakan salam yang diajarkan oleh agama masing-masing. Penulisan salam pada surat resmi biasanya diakhiri dengan huruf koma.
  • Isi Surat Resmi. Pada bagian isi surat merupakan bagian pokok dari surat yang memuat atau pesan atau informasi yang ingin disampaikan kepada penerima surat. Isi surat sebaiknya menggunakan bahasa yang baku, baik dan benar serta padat dan informatif. Selain itu, harus ringkas dan mudah untuk dimengerti oleh penerima surat. Pemilihan kalimat serta kata yang digunakan juga merupakan faktor penting dari isi surat resmi. Isi surat ini biasanya di taruh pada tengah surat yang berisi tentang penjelasan maksud dan tujuan dari sebuah surat.
  • Penutup surat Resmi. Penutup surat harus menggunakan kalimat yang baik dan benar. Selain itu pada bagian penutup biasanya juga di lengkapi dengan jabatan, nama dan NIK, dan juga tanda tangan orang yang membuat surat. Selain itu juga adanya tembusan surat, kepada siapa saja surat ini ditujukan dalam satu lembaga tersebut.

Selain dari bagian – bagian surat resmi tersebut diatas yang penting untuk diperhatikan, ada hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu jangan lupa masukkan surat resmi tersebut ke dalam amplop yang telah tertulis kepada siapa tujuan surat resmi tersebut ditujukan. Tuliskan tujuan surat resmi dengan nama terang dan alamat yang jelas agar tidak salah alamat.

Ads

Untuk lebih jelas mengenai bagaimana bentuk surat resmi tersebut, dibawah ini akan dicontohkan beberapa contoh surat resmi sekolah dalam berbagai keperluan.

Surat Resmi Sekolah sebagai Pengumuman

Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Pengumuman

 DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Nomor                 : 005/PK/60/X/2016
Perihal                 : Pengumuman

Kepada
Orang Tua Siswa  – Siswi
SMA Negeri 60 Kota Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Melalui surat ini kami umumkan bahwa  dikarenakan akan ada kegiatan kunjungan Menteri Pendidikan ke SMA Negeri 60 Kota Bandung pada hari Rabu, 2 November 2016, maka seluruh siswa – siswi SMA Negeri 60 Kota Bandung wajib memakai baju batik sekolah lengkap.

Demikian surat pengumuman ini kami sampaikan agar menjadi maklum. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60

Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd

download format words


Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Pemberitahuan

Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Pemberitahuan

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Nomor                 : 005/PK/60/X/2016
Perihal                 : Pemberitahuan Kegiatan
Lampiran            : 1 (satu) lembar

Kepada
Seluruh Siswa – Siswi
Dan Bapak/ Ibu Guru beserta Staff
SMA Negeri 60 Kota Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan rutin tahunan sekolah yaitu kegiatan pentas seni dengan tema tradisional,  yang insyaAllah akan dilaksanakan pada:
Hari, Tanggal                     : Minggu, 30 Oktober 2016
Tempat                                : Lapangan SMA Negeri 60 Kota Bandung

maka kami memohon kepada Bapak/ Ibu/ Siswa/ Siswi agar berkenan untuk hadir dan turut berpartisipasi dalam kegiatan acara yang akan kami laksanakan tersebut.

Demikian pemberitahuan dan undangan ini kami sampaikan,  atas perhatian dan dukungan Bapak/Ibu/ Siswa/ Siswi, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60

Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd

download format words


Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Permohonan Izin

Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Permohonan Izin

 DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Nomor                 : 005/PK/60/X/2016
Perihal                 : Permohonan Izin

Kepada
Orang Tua/ Wali
Siswa  – Siswi Kelas X
SMA Negeri 60 Kota Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Seseuai dengan agenda kegiatan untuk siswa- siswi untuk kelas X SMA Negeri 60 Kota Bandung yag rutin diagendakan setiap tahunnya  yaitu kegiatan mengunjungi tempat bersejarah di Kota Bandung dalam rangka pembelajaran cinta tanah air, maka kami bermaksud untuk memohon kepada Bapak/Ibu sebagai Orang Tua/Wali Murid untuk mengizinkan putra/ putrinya dalam mengikuti kegiatan tersebut yang pelaksanaannya Insya Allah akan diselenggarakan pada :
Hari                       : Sabtu
Tanggal                : 5 November 2016
Waktu                  : 07.00 s.d selesai
Tempat                :  Museum Perjuangan Tanah Air
Jalan Kali Abang 3 Raya No. 10A Kota Bandung

Mengingat akan pentingnya kegiatan tersebut, kami mohon agar Bapak/Ibu sebagai Orang Tua/Wali Murid dapat memberikan izin. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60

Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd
NIP. 110979 34 6001

download format words


Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Surat Rekomendasi

Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Surat Rekomendasi

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

SURAT REKOMENDASI
Nomor : 005/PK/60/X/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala SMA Negeri 60 Kota Bandung :
Nama                    : DR. Ir. Sujiwo Tejo, M.Sc
NIP                        : 110979 34 6001
Jabatan                : Kepala SMA Negeri 60 Kota Bandung

Memberikan rekomendasi kepada ;
Nama Lengkap                 : Vino Andara
Jenis Kelamin                    : Laki – laki
Tempat/ Tanggal Lahir: Jakarta, 15 Juni 2001
NIS                                         : 37672677
Siswa Kelas                        : XI
Agama                                  : Islam
Alamat                                : Jl. Ramai Sekali 4 No. 10 RT.01 RW.05 Kelurahan Aman Damai, Kecamatan Suka Suka, Kota Bandung

Yang bersangkutan di atas adalah benar siswa di SMA Negeri 60 Kota Bandung dan layak untuk mengikuti olimpiade  Matematika tingkat Nasional karena berdasarkan evaluasi belajar terakhir yang telah kami laksanakan siswa tersebut di atas menduduki ranking I dan selalu mendapatkan medali emas dalam lomba cerdas cermat atau olimpiade tingkat provinsi .

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60

Dr. Ir. Sujiwo Tejo, M.Sc
NIP. 110979 34 6001

download format words


Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Undangan Rapat

Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Undangan Rapat

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

Nomor                 : 005/PK/60/X/2016
Perihal                 : Rapat

Kepada
Orang Tua Siswa  – Siswi
SMA Negeri 60 Kota Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan mengenai kegiatan Ujian Nasional  untuk kelas XII,  maka bersama dengan surat ini, kami bermaksud mengundang Bapak/ Ibu Orang Tua Siswa/ Siswi untuk menghadiri rapat membahas sosialisasi kegiatan Ujian Nasional, yang akan dilaksanakan pada :
Hari                       : Senin
Tanggal                : 31 Oktober 2016
Waktu                  : 13.30 – selesai
Tempat                : Aula SMA Negeri 60 Kota Bandung

Untuk demikian, mengingat pentingnya agenda kegiatan ini, kami mohon kepada seluruh undangan rapat, agar dapat hadir mengikuti acara tersebut di atas tepat  waktu.

Demikian surat undangan ini kami buat dan sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60

Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd
NIP. 42463846236

download format words


Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Surat Edaran

Contoh Surat Resmi Sekolah sebagai Surat Edaran

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 60 KOTA BANDUNG
Jalan Asem Jawa No. 60 Bandung
Tlp. 022 – 690210  Fax. 022 – 690211

SURAT EDARAN
Nomor : 035/ST/X/16

Lampiran            : 1 Lembar
Hal                         : Permohonan Sumbangan

Telah kita ketahui bahwa beberapa hari kemarin di Kota Bandung ini terjadi hujan yang sangat besar yang mengakibatkan banjir besar pada beberapa daerah, yang dimana banyak siswa – siswi dari sekolah kita yang bertempat tinggal pada daerah tersebut. Sehubungan hal tersebut, maka bersama dengan surat ini kami mengetuk pintu hati Bapak/ Ibu agar berkenan untuk memberikan sumbangan seikhlasnya demi membantu saudara – saudara kita yang terkena dampak banjir tersebut.

Sumbangan tidak hanya dapat berupa uang tetapi dapat juga berupa seragam sekolah atau buku – buku pelajaran yang akan sangat berguna bagi siswa – siswi ita yang sangat membutuhkannya.

Demikian surat edaran permohonan sumbangan ini kami sampaikan. Semoga amal ibadah kita senantiasa diterima oleh Allah SWT.

Atas perhatian dan bantuan Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 26 Oktober 2016

Kepala SMA Negeri 60

Drs. Dodo Wahyudin, M.Pd
NIP. 42463846236

download format words


Itulah mengenai contoh surat resmi sekolah dalam berbagai kegiatan. Semoga dapat menjadi manfaat dan bahan referensi dalam mengetahui bagaimana contoh surat resmi dari sekolah yang baik dan dengan format yang profesional.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 26th, October 2016 / 18:06 Oleh :
Kategori : Surat Dinas